Social Media Marketing: Tipe Postingan Facebook yang Mampu Viralkan Bisnis Anda

Hootsuite menyebutkan jika Facebook merupakan social media platform teraktif kedua setelah YouTube di Indonesia, dengan 106 juta pengguna aktif Facebook setiap bulannya. Jadi, wajar saja jika pelaku bisnis...

302 0
302 0
Social Media Marketing: Tipe Postingan Facebook

Hootsuite menyebutkan jika Facebook merupakan social media platform teraktif kedua setelah YouTube di Indonesia, dengan 106 juta pengguna aktif Facebook setiap bulannya. Jadi, wajar saja jika pelaku bisnis menjadikan Facebook sebagai salah satu channel social media marketing.

Memulai Social Media Marketing Lewat Facebook

Anda baru memulai digital marketing pada bisnis, dengan menggunakan media sosial Facebook. Karena masih baru, apa yang sebaiknya dilakukan?

Hal pertama dan sangat penting adalah memulainya dengan membuat akun Facebook Fanspage. Fanspage akan membuat bisnis Anda terlihat profesional, memudahkan customer untuk melihat produk, tampil di newsfeed customer, dan terindeks search engine. Dalam akun fanspage tersebut, Anda bisa melakukan promosi, info terbaru terkait produk, hingga menyediakan User-Generated Content (UGC) kepada followers.  

Jika ingin memperluas bisnis, maka Anda mulai memikirkan social media marketing melalui Facebook Ads. Mengapa harus Facebook Ads?

Facebook Ads bekerja untuk mengiklankan produk melalui channel Facebook. Iklan akan ditempatkan sesuai dengan kebutuhan bisnis, seperti interest, objective, demographics, gender, dan lainnya. Berbeda dengan Facebook Fanspage yang hanya menjadi channel pengisi content yang menjangkau sebatas followers fanspage, Facebook Ads merupakan penghubung bisnis Ada dan target audiens dalam lingkup luas.

BACA JUGA: Social Media Marketing: 5 Persiapan Sebelum Membuat Facebook Ads

Content Tepat di Fanspage

Ada hal yang harus Anda ingat jika melakukan social media marketing tak sebatas iklan terus menerus. Perlu adanya Facebook management yang mengatur jenis konten yang di-update di halaman fanspage.

Ada tiga jenis postingan yang bisa dioptimalkan untuk mempromosikan bisnis melalui Facebook fanspage.

1. Update Post yang Menarik

Lead is everything.

Membuat postingan yang menarik dapat dimulai dengan lead atau headline yang kuat. Ketertarikan customer terhadap postingan Anda, dimulai dari lead yang menarik, baik pada foto, video, atau artikel.

Pada caption yang akan ditampilkan, Anda harus bisa membuat orang tertarik untuk mengeklik link yang akan mengarahkan ke website yang dimiliki.

Customer yang berkunjung ke website akan mengetahui produk yang tersedia. Anda juga bisa mengumpulkan database pengunjung guna memudahkan strategi social media di Facebook.

2. Promosi untuk Menarik Customer

Setidaknya harus ada beberapa jenis content yang ada di halaman fanspage, seperti promo atau info produk terbaru. Dengan begitu customer akan terus up to date dengan produk Anda.

Penawaran diskon di Facebook merupakan hal tepat untuk dilakukan. Ini merupakan bagian dari promosi yang memudahkan Anda menjangkau orang banyak. Diskon menarik dan tidak menipu dengan penawaran yang jelas, akan membuat orang lebih tertarik dan aware dengan bisnis Anda.

Untuk memberikan kesan urgensi, penting untuk menawarkan diskon dengan tenggat waktu. Misalnya, “Cuma hari ini diskon hingga 50%!” atau “Gratis cashback jika membeli produk ini sampai hari Minggu”. Trik ini akan memberikan efek urgensi sehingga customer akan tergerak melakukan pembelian.

3. Call To Action yang Jelas

Misalnya Anda sebagai pemilik jasa tour and travel akan menjual tiket pesawat promo. Pastikan jika memberikan call to action yang jelas sehingga content bersifat persuasif4.

4. Tips and Tricks

Lepas dari hal-hal berbau promo dan diskon, Anda bisa memaksimalkan postingan yang berbau tips dan tricks yang berkaitan dengan bisnis Anda. Misalnya Anda mempunyai bisnis penjualan hair care, Anda bisa membagikan tips seperti:

  • Tips Rambut Tetap Sehat Setelah Beraktivitas
  • Bagaimana Cara Mengatasi Ketombe?
  • Hal yang Harus Dilakukan Agar Rambut Tetap Sehat

Artikel-artikel tersebut akan menarik customer membuka website Anda dan sharing di media sosial. Apalagi jika Anda melakukan soft selling berpotensi besar meningkatkan penjualan. Postingan dengan jenis artikel atau informasi dapat meningkatkan engagement dan traffic ke website.

Anda juga dapat belajar seperti apa postingan yang memiliki engagement terbanyak dengan melihat referensi dari fanspage Facebook kompetitor. Namun, kebanyakan fanspage yang memiliki engagement banyak menggunakan Facebook Ads sebagai sarana promosi.

Jadi, Facebook adalah social media channel yang tepat untuk promosi dan meningkatkan engagement. Memiliki postingan yang menarik dan tentunya bisnis yang menarik akan mampu menaikkan awareness terhadap bisnis Anda.

In this article

Join the Conversation