5 Social Media Monitoring Tools Terbaik untuk Memantau Brand Anda

Menggunakan social media untuk bisnis Anda tentu punya kekurangan dan kelebihan tersendiri. Di social media, Anda bisa menemukan setiap orang menyuarakan pendapat atau kritik mengenai apa saja. Tak...

138 0
138 0
Social Media Monitoring Tools

Menggunakan social media untuk bisnis Anda tentu punya kekurangan dan kelebihan tersendiri. Di social media, Anda bisa menemukan setiap orang menyuarakan pendapat atau kritik mengenai apa saja. Tak ketinggalan, brand tertentu. Bisa saja itu brand Anda.

Keterbukaan tersebut bisa menjadi kesempatan bisnis Anda untuk melakukan “pemantauan” di media sosial melalui tracking social media monitoring alias social media listening.

Namun, sudah pahamkah Anda, apa social media monitoring itu?

Social media monitoring atau social media listening merupakan pemantauan online terhadap “pembicaraan” publik tentang brand dan industri. Melalui proses identifikasi, social media monitoring tools secara langsung menangkap segala berita atau postingan yang dibuat perusahaan, kelompok, atau individu di social media.

 

Mengapa Social Media Monitoring Baik untuk Brand Anda

Setelah melihat apa dan bagaimana social media monitoring bekerja, manfaat apa yang bisa diraup bisnis Anda?

Ada beberapa keuntungan. Pertama, tools tersebut akan membantu Anda untuk melihat siapa yang membicarakan brand Anda. Bagusnya lagi, jika Anda mendapatkan seorang influencer yang membicarakan produk Anda, ini akan menguntungkan karena bisa berbisnis dengan influencer tersebut.

Lalu, dengan social media monitoring tools Anda tidak perlu banyak strategi lagi dalam memilih media sosial apa yang tepat untuk memfokuskan promosi Anda, karena aktivitas yang terbesar ketika banyak pembicaraan mengenai brand Anda di beberapa media sosial bisa Anda gunakan media sosial itu menjadi fokus promosi Anda.

Terakhir, Anda bisa mengetahui baik-buruk review orang-orang terhadap brand Anda. Review akan menjadi masukan dan kritik yang baik untuk perusahaan Anda agar terus memberikan yang terbaik kepada konsumen.

 

BACA JUGA: 5 Tools Media Monitoring Efektif

 

Untuk memantau semua media sosial yang Anda inginkan, Anda harus memilih social media monitoring tools yang tepat. Mungkin salah satu dari lima social media monitoring tools berikut ini?

  1. Mention (mention.com)

Sama dengan Google Alerts, Mention tools akan membantu mencari keywords yang disediakan Alerts untuk menelusuri website dan media sosial. Bedanya, Alerts diisi dengan keywords nama brand Anda, sedangkan Mention menelusuri tempat-tempat yang diperbincangkan publik melalui website dan media sosial tentang keywords tersebut.

Social media menjadi tempat berkumpul opini orang-orang terhadap suatu brand ataupun individual. Social media monitoring tools membuat semakin mudah menemukan dan menggapai orang-orang tersebut sekaligus mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Mention memungkinkan Anda untuk merespons secara real time dan mendapatkan brand analytics. Mulai dari sentimental analytics, competitor monitoring, sampai dengan menemukan influencer. Tak hanya itu, Mention juga bisa melibatkan social media team Anda untuk sharing dan berbagi tugas.

Mention menyediakan versi demo selama 25 hari untuk Anda yang ingin mencoba. Jika Anda tertarik ingin berlangganan Mention, siapkan budget berkisar $99 per bulan. Lalu, silakan pilih tiga paket plan dengan fasilitas yang berbeda-beda.

  1. TrackReddit (trackreddit.com)

Sebagai pemilik perusahaan, Anda harus memantau trafik perbincangan brand Anda di media sosial. Dengan menggunakan Reddit, tools monitoring keyword, Anda mampu memantau media sosial Anda secara real time.

Gunakan Reddit untuk menetapkan keywords dan frase yang ingin dipantau. Tool ini akan menemukan dan mempelajari siapa yang membicarakan merek, bisnis, bahkan pesaing bisnis Anda dengan mudah.

Sewaktu-waktu, Reddit akan mengirim notification melalui SMS atau e-mail ketika tracking mendapatkan mention baru. Di panel Dashboard sendiri, Reddit menampilkan berbagai statistics dan chart yang terkait dengan campaign Anda.

  1. Brand Watch (brandwatch.com)

Saat ini, ada hampir 70 juta traffic website termasuk blog, forum, media sosial, berita, dan situs peninjauan dalam tools Brand Watch.

Tools ini memungkinkan Anda untuk mengawasi brand secara mendalam dan dengan wawasan keywords yang sangat luas.

Selain itu, Anda bisa mendapatkan fasilitas yang sangat mumpuni, seperti marketing measurement, competitor benchmarking, influencer identification & outreach, market research, dan reputation management.

Untuk Anda yang ingin sekadar mencoba, Anda bisa menggunakan versi demo selama beberapa waktu. Tools ini mampu membuat keputusan secara real time dan cepat dalam mengambil tindakan.

  1. Synthesio (synthesio.com)

Tools ini merupakan social media monitoring komprehensif untuk Anda yang mencari sekaligus ingin memperdalam wawasan mengenai business decisions.

Synthesio akan membantu Anda memantau beberapa mention stream sekaligus. Ini memungkinkan Anda mendengarkan berbagai perbincangan di media sosial yang penting bagi perusahaan.

  1. Hootsuite (hootsuite.com)

Kalau tool yang satu ini, Anda pasti sering dengar. Jangan heran, sebab Hootsuite memungkinkan Anda memonitor berbagai platform media sosial terbesar, seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn. Semuanya dilakukan secara real time.

Untuk menggunakannya secara efektif, temukan keywords yang mewakili pencarian Anda. Tambahkan beberapa keywords yang ingin Anda track kemudian Hootsuite akan memonitornya untuk Anda.

 

Sumber:

https://blog.hootsuite.com/social-media-monitoring-tools/
http://www.socialmediaexaminer.com/6-social-media-monitoring-tools/
Image: Pexels (https://www.pexels.com/photo/businessman-man-desk-working-90333/)

In this article

Join the Conversation