[Case Study] Warunk UpNormal: Sukses Berkat Digital Marketing Plan yang Jelas

Berbisnis tidak hanya bisa mengandalkan “produk”. Di era pengguna internet yang mencapai 7 miliar, Anda perlu mempertimbangkan digital marketing plan untuk meningkatkan revenue atau mengekspansi bisnis.  Sayangnya, tidak...

1115 0
1115 0
Digital Marketing Plan

Berbisnis tidak hanya bisa mengandalkan produk”. Di era pengguna internet yang mencapai 7 miliar, Anda perlu mempertimbangkan digital marketing plan untuk meningkatkan revenue atau mengekspansi bisnis. 

Sayangnya, tidak semua perusahaan mau” beradaptasi dengan tren digital. Berdasarkan persentase, cuma 34% perusahaan yang mau menerapkan digital marketing strategy yang jelas. 

Digital Marketing Plan
Menurut Smartinsights.com, hanya 34% perusahaan yang mau menerapkan digital marketing strategy secara jelas.

 

Namun, tidak demikian bagi Warunk UpNormal. Berkat kombinasi konsep bisnis dan strategi marketing, saat ini mereka memiliki 20 cabang di seluruh Indonesia. 

 

BACA JUGA: Cara Membuat Digital Marketing Plan

 

Bawa Mie Instan Naik Kelas

Warunk UpNormal sebenarnya hanya menjajakan mie instan. Namun, mereka menyajikannya dengan lebih berkelas agar dapat menarik semua kalangan masyarakat. 

Berdiri sejak 2014, Warunk UpNormal lahir di kota Bandung. Sampai saat ini, mereka sudah hadir di puluhan kota besar di Indonesia. Mulai dari Jakarta hingga Samarinda. 

Digital Marketing Plan
Warunk UpNormal sudah memiliki cabang di puluhan kota besar Indonesia karena digital marketing plan yang jelas. Gambar: WarunkUpnormal.com/alamat.

 

Soal omzet tidak tanggung-tanggung. Saya ungkap dari jumlah porsi terlebih dahulu. Setiap hari, UpNormal menerima pesanan sekitar 300-500 porsi. Di weekend, jumlah tersebut akan berlipat ganda. Menurut Rex Marindo (salah satu owner), omzet UpNormal dalam sehari mencapai Rp10 juta atau Rp300 juta per bulan. 

 

Strategi Digital Marketing Plan yang Masif

Kesuksesan UpNormal tidak terlepas dari dua faktor: produk dan strategi digital marketing plan. Mengingat goal” mereka adalah menarik perhatian market anak muda, soal digital marketing harus matang. 

UpNormal yang merupakan sister company dari Nasi Goreng Mafia dan Bakso Boedjangan (PT Citarasa Prima Indonesia) mampu mendaringkan bisnis offline hadir di dunia online

Ingat soal online presence kan? Coba simak artikel ini apabila Anda lupa-lupa ingat. 

Prinsip dasar online presence yaitu semakin sering bisnis Anda hadir, maka semakin besar peluang dikenal oleh audience

Dari prinsip tersebut, Anda bisa mengadopsi strategi digital marketing plan Warunk UpNormal, yaitu:

Pemilihan digital marketing channels yang tepat. UpNormal hadir di beberapa channel online sekaligus. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, hingga situs sebagai information homepage-nya. Setiap channel memiliki peruntukannya masing-masing. Misal Instagram, dipakai sebagai media pemasaran dan membangun brand. Di akun @warunk_upnormal, terposting berbagai foto customer yang sedang menikmati menu dan poster berisi promo terbaru.

Model digital marketing campaign. Model pemasaran mereka pun cukup agresif. Bermodal jumlah follower Instagram mencapai 150 ribu, Twitter 15,9 ribu, dan pengunjung situs sebanyak 16 ribu, UpNormal tidak sulit untuk menyentuh berbagai pihak. Mulai dari customer, mitra bisnis, sponsor atau pengiklan, bahkan investor. Digital marketing yang efektif membantu mereka untuk:

  • Melakukan ekspansi bisnis melalui sistem partnership,
  • Menemukan investor untuk menambah jumlah varian menu,
  • Menjalin kerja sama dengan pemasok bahan baku untuk menghemat biaya produksi, dan 
  • Menambah penghasilan dari para sponsor atau pengiklan.

 

BACA JUGA: Social Media Promotion yang Efektif untuk Menambah Customer

 

Berdasarkan penelusuran dari similarweb.com, fokus digital marketing campaign UpNormal pada organic search (keyword):

Digital Marketing Plan
Fokus digital marketing campaign UpNormal pada organic search. Via Similarweb.com.

 

Pemanfaatan social media strategy. Sosial media dijadikan sebagai media customer engagement. Selain sebagai media sharing promo dan membangun brand, media sosial pun dimanfaatkan sebagai upaya untuk menjaga kualitas pelayanan. Selain itu, mereka pun bisa mengetahui tren customer behaviour”  UpNormal, sebagai upaya mempertahankan eksistensi konsep bisnis yang diusung. 

 

 

Source:
http://www.internetworldstats.com/stats.htm
http://www.smartinsights.com/digital-marketing-strategy/
http://goukm.id/bisnis-kuliner-warunk-upnormal/
https://www.similarweb.com/website/warunkupnormal.com
Image: https://www.instagram.com/warunk_upnormal/
In this article

Join the Conversation