Prinsip Marketing Hack yang Bisa Menyukseskan Digital Marketing Campaign

Digital Marketing Campaign sangat dibutuhkan saat Anda mengubah konsep bisnis offline menjadi online. Beberapa panduan digital marketing terkadang dirasa kurang powerful. Bisa jadi, ekspektasi Anda yang terlalu tinggi...

183 0
183 0
Prinsip Marketing Hack

Digital Marketing Campaign sangat dibutuhkan saat Anda mengubah konsep bisnis offline menjadi online.

Beberapa panduan digital marketing terkadang dirasa kurang powerful. Bisa jadi, ekspektasi Anda yang terlalu tinggi atau taktiknyalah yang tidak mampu beradaptasi dengan ekspektasi. 

Apabila ekspektasi yang dirasa terlalu tinggi, coba simak artikel tentang social media ROI ini. 

Sebaliknya. Pakai prinsip Marketing Hack bila taktik Anda selama ini dirasa kurang pas. Caranya?

 

Gunakan Kekuatan Social Circle

Prinsip word of mouth marketing tetap diperlukan di ranah Digital Marketing. Nielsen Research menemukan bahwa 92% pembeli online membeli produk online berdasarkan rekomendasi dari keluarga dan teman. 

Prinsip Marketing Hack
Nielsen Research: Tingkat Kepercayaan Customer pada Digital Advertising. Via Nielsen.com.

 

Semula, customer memang mengenal suatu produk secara online. Sebelum memutuskan membeli”, ia butuh dorongan kuat. Social circle merupakan pendorong terkuat.

Di era online digital seperti saat ini, word of mouth ini berupa online consumer review, seperti postingan dari selebtwit, review dari situs terpercaya, hingga situs perbandingan produk.      

Untuk meyakinkan customer online Anda, cobalah berkolaborasi dengan blogger, youtuber, seleb social media, dan beberapa sosok” lain yang memiliki pengikut dengan jumlah banyak dan relevan dengan bisnis Anda. 

 

Optimalkan Topik Favorit Customer

Proses pendekatan ke customer bisa lebih cepat bila Anda menyesuaikan content marketing Anda. Caranya, buat konten yang relevan dan mengena buat audience

Sejak pertama menerapkan Digital Marketing Campaign, Anda tentu sudah memetakan siapa target market Anda”. Apabila belum, cermati panduan membuat digital marketing plan yang pernah saya tulis.  

Pada prinsipnya, taktik ini ingin merasuk” ke customer melalui apa yang ia sukai, butuhkan, dan harapkan. 

Penerapannya sering diaplikasikan ke konten digital marketing. 

Di sela-sela konten seperti demikian, Anda bisa menyuntik” konten berisi brand information bisnis Anda. Akan lebih baik, bila Anda melengkapinya dengan langkah demi langkah selling step. 

Prinsip Marketing Hack
IMPACT Selling Step, via brooksgroup.com.

 

Di bagian ini, biasakan melakukan investigate untuk menemukan potential buyer. Lanjutkan dengan meet untuk mendekatkan value” bisnis Anda dengan kebutuhan customer. Cermati kebutuhan dan keinginan mereka melalui probe. Lalu, tutup dengan ACT (Apply, Convince, Tie It Up) untuk menjual produk secara langsung kepada customer yang pas.

 

Bangun Brand Bisnis Anda

Eksistensi bisnis bisa tergambar dari content marketing. Semakin tinggi intensitas online presence bisnis Anda di mata customer, semakin besar peluang Anda memperoleh audience.

Pada proses eksekusi Digital Marketing Campaign, content tidak hanya untuk menjual produk. Namun, bisa dipakai untuk membangun nama besar” bisnis Anda. Brand bisnis merupakan identitas” bisnis Anda di mata customer

Apabila di dua tahap sebelumnya content fokus pada customer, di bagian ini content dibuat untuk mengungkap isi bisnis Anda. Proses ini dimulai dari Organizational Profile” bisnis. Lalu…

Prinsip Marketing Hack
Pada proses eksekusi Digital Marketing Campaign, content tidak hanya untuk menjual produk. Via Pinterest.com.

 

Pada tahap ini, emosi adalah entry point. Konten-konten dikemas dalam rupa cerita inspiratif, menyenangkan, dan menbahagiakan. Konten tidak melulu dalam bentuk tulisan. Bisa berupa video, photo, atau bahkan poster dan comic

Salah satu platform yang sesuai untuk menerapkan strategi ini adalah Instagram. Dengan jumlah penduduk” mencapai angka 700 juta di tahun 2017, peluang Anda sangat besar sekali. Selain itu, Anda bisa mengkapinya dengan tulisan melalui blogging platform, seperti Medium.com dengan 60 juta pembaca per bulan. 

 

Source:
https://blog.kissmetrics.com/hacks-for-the-struggling-startup/
http://www.nielsen.com/us/en/insights/news/2012/consumer-trust-in-online-social-and-mobile-advertising-grows.html
http://expandedramblings.com/index.php/business-directory/24194/medium-stats-facts/
Image: https://www.pexels.com/photo/people-canon-anonymous-levitate-48013/
In this article

Join the Conversation