Kumpulan Instagram Statistic Sebagai Dasar Social Media Campaign Bisnis

Pertumbuhan pengguna Instagram sangat signifikan sehingga brand besar dari beragam industri memakainya untuk social media campaign. Sebut saja seperti Nike, Adidas, PizzaHut, Mashable, TechCruch, Apple, bahkan Google. Di...

1240 0
1240 0
Social Media Campaign Bisnis

Pertumbuhan pengguna Instagram sangat signifikan sehingga brand besar dari beragam industri memakainya untuk social media campaign. Sebut saja seperti Nike, Adidas, PizzaHut, Mashable, TechCruch, Apple, bahkan Google.

Di Indonesia, jumlah penggunanya menyentuh angka 40 juta dengan 52% pengguna pria dan 80% di antaranya berusia 18-44 tahun. 

Lantas, bagaimana dengan efektivitasnya? 

Menurut adespresso.com, efektivitas Instagram sebagai Social Media Campaign dipengaruhi oleh banyak faktor, beberapa diantaranya yaitu content creative, proses audience targeting yang tepat, dan eksekusi yang konsisten serta terukur. 

Di kesempatan kali ini, saya akan membagikan ukuran” sebagai dasar untuk menyukseskan Social Media Campaign Bisnis, yaitu:

Instagram for Business

Dari sisi jumlah pengguna, Instagram memiliki 700 juta pengguna tahun 2017. Angka ini tumbuh 300% dari tahun 2014. 

Social Media Campaign
Jumlah Pengguna Instagram, via Sproutsocial.com.

 

Mayoritas, bisnis dengan konsep B2B cenderung menggunakan Instagram untuk mendapatkan perhatian audiens melalui gambar dan video yang indah. Ditambah lagi, 7 dari 10 hashtag yang populer di Instagram berupa brand sebuah bisnis.

Di tahun 2017, 70,7% pebisnis di Amerika pasti berstatus pengguna Instagram. Padahal, di 2016 hanya 48,8% yang menggunakannya. Imbas dari fenomena ini, pertumbuhan profil bisnis di Instagram mencapai 6,8 juta mulai September 2016 hingga 2017. Tahun 2017, jumlahnya berjumlah 8 juta.

Dilihat dari sisi audiens, 80% pengguna instagram pasti mem-follow akun brand bisnis. Bahkan bisa dipastikan, 60% di antaranya tidak segan menyimak postingan produk dan service brand yang bersangkutan. 

 

Content Stats

Penggunaan hashtag di Instagram bukan sekedar penghias”. Simply Measured menemukan bahwa hashtag mampu mendongkrak engagement konten hingga 12,6%. Salah satu dampak dari strategi ini, per Maret 2017 sebanyak 120 juta Instagram user berkunjung ke website, memperoleh petunjuk, melakukan panggilan business, email atau bahkan direct message.

Meski seluruh konten di Instagram diperuntukkan untuk membangun brand bisnis, tetapi sesekali user mau melakukan purchasing product. Menurut yotpo.com, 30% pengguna Instagram user melakukan hal demikian. 

Meski begitu, Anda perlu waspada. Sebanyak 70% dari keseluruhan konten di Instagram diabaikan” oleh audiens. Untuk itu, Anda perlu mempratikkan strategi untuk meningkatkan engagement rate pada setiap post melalui:

  • Posting disertai tag lokasi,
  • Frekuensi postingan pada weekday,
  • Konten video instagram di-publish pada pukul 9 malam,
  • Konten berupa foto dibanding video,
  • Foto dengan objek wajah di dalamnya,
  • Emoji yang disertakan di dalam caption Instagram.

 

User Behaviour Stats

Secara tidak langsung, keramaian di dalam platfrom Instagram melahirkan persaingan. Sebanyak 34,700,000,000 foto dibagikan dengan jumlah user 715,125,000. Artinya, Anda harus mengupayakan sebaik mungkin supaya setiap konten mampu menarik perhatian audiens yang relevan. 

Salah satunya dengan mempelajari user behaviour dan character. Salah satunya dari ilustrasi di bawah ini:

Social Media Campaign
Statistik User Behaviour Instagram, via Sproutsocial.com.

 

Jakpat.net menambahkan bahwa 89% pengguna Instagram menjadikan Instagram sebagai sumber informasi. Dan, rata-rata mereka mem-follow:

Social Media Campaign
Rata-rata Pengguna Instagram Mem-follow… via blog.jakpat.net.

 

Setiap bisnis memiliki tujuan tertentu mengenai Social Media Campaign. Bisa jadi, mereka memakainya untuk membangun brand, meningkatkan trafik blog, kampanye event, bahkan merilis produk baru. 

Bagaimana dengan Anda? Apa tujuan utama bisnis Anda hadir di media sosial?

Supaya Anda bisa memonitor setiap perilaku Social Media Campaign bisnis, Anda bisa memakai beberapa referensi tools social media monitoring. Mengenai hal ini, sudah saya bahas di artikel sebelumnya.

 


Source:
https://sproutsocial.com/insights/instagram-stats/
https://napoleoncat.com/blog/en/instagram-user-demographics-in-indonesia-march-2017/
https://adespresso.com/academy/blog/instagram-ads-best-practices/
http://get.simplymeasured.com/rs/simplymeasured2/images/InstagramStudy2014Q3.pdf
http://www.emarketer.com/Article/Number-of-Companies-Using-Instagram-Nearly-Double-Next-Year/1013122
http://www.adweek.com/digital/instagram-1-million-monthly-advertisers-8-million-business-profiles/
https://www.yotpo.com/blog/instagram-data/
http://www.statisticbrain.com/instagram-company-statistics/
https://blog.jakpat.net/instagram-user-behavior-2-survey-report/
Image: https://www.pexels.com/photo/man-in-black-cap-holding-railings-68426/
In this article

Join the Conversation