Digital Marketing: Paid Search vs Organic Search

Search engine  apa yang terlintas di benak saat Anda ingin melakukan pencarian? Prediksi kami mungkin Google. Tidak bisa dipungkiri lagi jika kepopuleran Google sebagai search engine digunakan di...

319 0
319 0
Startegi SEO menempatkan website di halaman pertama via Pexels

Search engine  apa yang terlintas di benak saat Anda ingin melakukan pencarian? Prediksi kami mungkin Google. Tidak bisa dipungkiri lagi jika kepopuleran Google sebagai search engine digunakan di seluruh dunia. Kesuksesan Google cukup jauh berbeda dengan Bing dan Yahoo! yang hanya memiliki 19% pengguna internet di dunia.

Dalam digital marketing, terdapat istilah paid search dan organic search. Jika paid search dikenal dengan Search Engine Marketing (SEM), maka organic search merupakan Search Engine Optimization (SEO).

Apa perbedaan diantara keduanya?

Search Engine Optimization (SEO)

Startegi SEO menempatkan website di halaman pertama via Pexels
Startegi SEO menempatkan website di halaman pertama via Pexels

Search Engine Optimization (SEO) atau bisa dikatakan dengan organic search merupakan teknik menempatkan website pada Search Engine Result Page (SERP) degan memanfaatkan beberapa penggunaan kata kunci.

Setelah menemukan keywords yang mampu menarik dan tepat, Anda bisa mulai menjalankan strategi On-Page Optimization dan Off-Page Optimization sehingga website bisa berada di laman pertama pada SERP. Nah, ini keunggulan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan SEO.

1. Dipercaya dan Kredibel

Saat menggunakan strategi SEO, ada kemungkinan website Anda berada di halaman satu. Hal ini akan membuat website/produk Anda lebih dipercaya customer. Dikarenakan website berada di halaman pertama, secara tidak langsung perusahaan Anda dipercaya memiliki kredibilitas yang baik.

Biasanya customer akan percaya terhadap website yang paling teratas dalam laman Google terhadap keywords yang dicari, mereka akan beranggapan bahwa website tersebut yang paling banyak dicari dengan keywords yang sama.

2. Free of Charge!

Semua yang dilakukan untuk memaksimalkan SEO Anda yakni free of charge, karena Anda full memainkan content dan keywords untuk menjadikan website Anda menjadi laman teratas di Google.

3. Inbound Marketing

Terakhir, menggunakan strategi organic search mengharuskan pelaku bisnis untuk mengembangkan aset konten pada website-nya. Hal ini penting untuk menaikkan pembelian dan traffic website.

Ketika Anda memiliki traffic website yang tinggi, Anda akan mendapatkan peringkat tertinggi pada laman Google dan akan memudahkan untuk mempertahankan peringkat tersebut. Anda bisa mendapatkan kepercayaan hanya dengan search engine Google.

Search Engine Marketing (SEM) atau Paid Search

Search engine marketing untuk iklan instan via Pexels
Search engine marketing untuk iklan instan via Pexels

Search Engine Marketing (SEM) atau paid search dimaksudkan dengan sebuah pencarian berbayar yang ditampilkan secara langsung ketika pengguna melakukan penelusuran yang berisi kata kunci tertentu. Kata kunci akan didapatkan dengan melakukan survei yang related dengan produk/jasa yang ditawarkan. Iklan berbayar biasanya ditempatkan di atas dan di sebelah kanan hasil penulusuran organik, biasanya ditentukan oleh proses penawaran dan skor kualitas.

BACA JUGA: Cara Efektif Menaikkan Traffic Melalui Search Engine Marketing (SEM)

Apa keuntungan SEM?

1. Efisien Waktu, Pemilihan Kata Kunci, dan Mudah Diimplementasikan

Berbeda dengan organic search yang memakan waktu lebih lama, paid search membutuhkan waktu yang relatif cepat sehingga iklan Anda bisa langsung muncul di halaman pertama Google dengan bertanda Ad.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa setiap orang mencari sesuatu sesuai kata kunci yang diinginkan, sehingga tahu persis apa yang sedang mereka cari. Artinya jika Anda menggunakan kata kunci yang tepat, iklan akan muncul di customer  yang tepat dengan biaya yang sesuai dengan penawaran.

Setelahnya Anda akan mudah dalam menyiapkan sebuah kampanye SEM dengan mudah dan cepat meski butuh waktu beberapa saat hingga melihat dampak kampanye secara langsung kepada para target audiens.

2. Mampu Ditargetkan dan Diukur Juga Kenaikan Rasio Klik Tayang

Penargetan pada kampanye SEM atau PPC ini dapat disesuaikan untuk target dan khalayak yang lebih spesifik seperti contoh segmentasi pada penargetan geografis, usia, tingkat pendidikan, gender, pendapatan, industri, dan lainnya.

Penargetan ini juga yang memudahkan Anda mengukur iklan yang tayang apakah sudah sesuai dengan penargetan awal dan seberapa banyak impression terhadap iklan Anda dengan target yang sesuai.

3. Menaikkan Brand Awareness

Menjadi pencarian paling pertama, secara langsung akan menaikkan brand awareness bisnis di mata customer. Bagaimana tidak? Dengan kata kunci yang tepat dan brand Anda yang terlihat terlebih dahulu, maka audiens akan mengenal brand Anda dengan pencarian yang sama.

Jadi, mana yang Anda pilih?

 

Image source: Pexels

In this article

Join the Conversation