Panduan Mendapatkan Lebih Banyak Leads Melalui Social Media Optimization Technique

Social Media Optimization bukan cara untuk menjual produk, melainkan membangun brand bisnis Anda.  Media sosial sangat ideal untuk memperkenalkan brand bisnis kepada calon customer yang relevan. Meski tidak...

92 0
92 0
Social Media Optimization

Social Media Optimization bukan cara untuk menjual produk, melainkan membangun brand bisnis Anda. 

Media sosial sangat ideal untuk memperkenalkan brand bisnis kepada calon customer yang relevan. Meski tidak mampu meningkatkan penjualan secara langsung, Social Media Optimization nyatanya memiliki peran penting terhadap:

  • Upaya penghematan biaya pemasaran hingga 45%,
  • Peningkatan pendapatan bisnis sebesar 24% melalui lead generation.

Langkah pertama dalam mengelola media sosial supaya mampu mendapatkan leads yang banyak dimulai dari pengamatan mengenai sesuatu yang diminati audience” dan itu relevan dengan bisnis Anda. 

Kedua, Anda bisa beralih ke produk mana yang berpotensi dibeli” oleh audience. Ketiga, temukan pada poin audience. Terakhir, membuat strategi khusus bagaimana mengubah audience menjadi pelanggan yang membayar.

Empat langkah di atas bersifat konseptual, tetapi bisa Anda realisasikan dengan cara berikut ini.

 

Memilih Channel yang Tepat

Social media memberikan kemudahan bagi audience untuk memperoleh informasi dengan cepat. Berdasarkan statistik, 40% pengguna internet di dunia menghabiskan waktu di platform media sosial. 

Lantas, bagaimana memanfaatkan potensi tersebut untuk mendapatkan leads yang lebih banyak?

Salah satunya dengan memilih social media channel yang pas. Tidak semua social media channel cocok bagi bisnis Anda. Misalnya saja, beberapa media sosial seperti:

  • LinkedIn memiliki persentase pertumbuhan leads sebesar 44%,
  • Facebook sebanyak 39%, dan
  • Twitter senilai 30%.

Namun, dengan catatan: persentase di atas berlaku untuk bisnis dengan konsep B2B. 

Pemilihan channel yang tepat dapat dilakukan melalui identifikasi demografi customer dan masing-masing platform media sosial. Untuk mempermudah, berikut ini saya berikan preview demografi masing-masing media sosial.

Social Media Optimization
Preview Demografi Media Sosial, via SmartInsights.com.

 

Panduan Social Media Optimization di 4 Media Sosial Terpopuler

Facebook, Twitter, Instagram, dan LinkedIn masih menjadi sumber utama untuk mendapatkan leads. Caranya?

Pada Facebook, Anda bisa menerapkan beberapa trik, seperti:

  • Menyediakan kontes, salah satunya menggunakan shortstack.com/facebook
  • Membuat custom tab dengan format HTML
  • Mendesain Facebook page selayaknya website

Di Twitter, cobalah untuk…

  • Memanfaatkan Twitter Cards,
  • Memonitor setiap Brand Mentions yang ada,
  • Sesekali meng-create event. Salah satu caranya dengan memulai conversation dengan blogger mengenai topik yang relevan antara Anda dan mereka.

Sedangkan di media sosial LinkedIn, leads bisa diperoleh melalui…

  • Penawaran free sample.
  • Inbound Marketing di LinkedIn. Caranya dengan menampilkan pengalaman Anda di account profile dan memberi informasi yang valuable mengenai industri bisnis Anda.
  • Membagikan slide deck yang relevan melalui situs SlideShare.

Di platform berbagi foto Instagram, leads bisa diperoleh dengan cara:

  • Mendengarkan setiap comments di setiap unggahan,
  • Membagikan video,
  • Menciptakan #hashtag yang unik dan mendeskripsikan value bisnis Anda.

 

Mendorong Audience Melakukan Buy-in

Selepas mengidentifikasi cara-cara social media optimization, langkah berikutnya yaitu mendorong audience melakukan buy-in ke produk atau servis Anda. 

Caranya dengan…

  • Membiarkan audience melihat siapa saja client besar” yang membeli dan/atau memakai service Anda
  • Menunjukkan keahlian dan pengalaman Anda di muka” audience
  • Melibatkan audience dalam setiap event atau konten yang Anda buat
  • Menarik audience untuk memahami data dan ROI media sosial.

Apa perbedaan poin kedua dan ketiga? 

Di poin kedua, seluruh tindakan terfokus pada audience awareness yang tujuannya membuat audience mengenal dan paham mengenai keterkaitan antara bisnis Anda dan masalahnya. 

Di poin kedua, porsi konten bertujuan membuat audience percaya dengan skill” Anda, mengandalkan Anda untuk memecahkan masalahnya, serta melakukan membeli” produk atau service Anda.  

Tahap demi tahap artikel kali ini terilustrasi di image berikut ini:

 

Social Media Optimization
Tahap-Tahap Optimization, via Ixworld.

 

 

Source:
https://sproutsocial.com/insights/social-media-lead-generation/
http://www.socialmediatoday.com/content/33-captivating-statistics-could-change-your-marketing-strategy
http://www.smartinsights.com/social-media-marketing/social-media-strategy/new-global-social-media-research/
https://sproutsocial.com/insights/social-media-lead-generation/
https://www.slideshare.net/etixworld/6-steps-to-content-marketing-success

Image: https://www.pexels.com/photo/street-photographer-photography-canon-90362/

In this article

Join the Conversation