Kebiasaan Social Media Promotion yang Efektif untuk Menambah Jumlah Customer

Seperti apa gambaran social media promotion yang efektif? Mendulang kesuksesan melalui media sosial merupakan kewajiban. Penggunaan media sosial yang semakin masif menjadikannya sebagai “ekosistem” baru yang potensial. Namun,...

285 0
285 0
Social Media Promotion Digital Marketing

Seperti apa gambaran social media promotion yang efektif?

Mendulang kesuksesan melalui media sosial merupakan kewajiban. Penggunaan media sosial yang semakin masif menjadikannya sebagai ekosistem” baru yang potensial. Namun, tidak mudah melakukan social media promotion

Yang jelas, butuh waktu dan tenaga untuk melakukannya. Selain itu, strategi yang matang pun perlu Anda segerakan. Tanpanya, Anda hanya akan membuang-buang uang. 

Di luar sana, ada ribuan artikel tentang efektivitas social media promotion. Salah satunya ada di artikel yang saat ini sedang Anda baca. Mulailah dengan…

 

Memprioritaskan Target

Supaya berjalan sesuai harapan, Anda butuh pengorbanan. Terutama soal waktu. Media sosial memiliki ratusan juta user. Sayangnya tidak semua merupakan customer Anda. Logikanya, hanya beberapa persen dari seluruh social media user adalah target market Anda. 

Bentuk prioritas ini berupa:

  • Riset terhadap calon customer yang potensial. Fokus pada data statistik mengenai demografi media platform bersangkutan.
  • Memaksimalkan Social Media ROI melalui berbagai social media tools. Ketik saja social media tools”, maka Anda akan disuguhkan puluhan tools untuk analisis media sosial oleh mesin pencari. 

Keduanya perlu dilakukan bersamaan ketika Anda mengeksekusi digital marketing melalui media sosial. Riset akan membantu Anda memetakan target audience, sedangkan Social Media ROI akan menolong Anda untuk mengukur efektivitas strategi digital marketing di media sosial.  

 

BACA JUGA: Kesalahan Sosial Media Marketing yang Harus Dihindari

 

Fokus pada Bisnis Anda

Tetap fokus pada value bisnis Anda. Bagaimanapun juga, media social promotion hanyalah saluran untuk memperluas bisnis. Fokus pada bisnis diharapkan mampu menyeleraskan bisnis Anda dengan audience baru di media sosial. 

Kondisi di media sosial merupakan resource penting untuk menciptakan konten digital marketing content dan atau menambah service atau produk baru. Tujuannya, supaya bisnis Anda bisa masuk ke dalam circle customer. Jangan sampai mengubah bisnis Anda menjadi seperti kondisi di media sosial. 

Misalnya, bisnis Anda di bidang tour & travel. Kondisi audience media sosial sedang in soal vlog traveling. Maka, Anda bisa menyelaraskan bisnis Anda dengan:

  • Membuat konten digital marketing berupa vlog traveling
  • Menambah paket wisata beserta dokumentasi berupa vlog

Bukan malah mengubah bisnis tour & travel menjadi seorang (agency) traveler untuk membuat video blog.

 

Cobalah untuk Bertanya

Pertanyaan akan membuka tabir rahasia. Anggap saja perjalanan media social promotion Anda ini seperti lingkungan kampus. Anda memiliki pertanyaan besar, bagaimana mendapatkan perhatian dan menjadikan audience social media sebagai customer Anda?”.

Bagaimana usaha Anda untuk memperoleh target seperti itu? Jawabannya, bertanya langsung kepada calon customer Anda yang potensial. 

Coba kembali ke poin satu. Di tahap itu, Anda sudah fokus menentukan siapa calon customer Anda kan? Anda pun sudah memiliki manajemen pengukuran efektivitas media social promotion

Manfaatkan itu di tahap ini. 

Filter beberapa calon customer paling potensial Anda. Lalu, kirim pesan secara personal kepada mereka. Ajak ia bertemu atau sekedar diskusi di coffee shop. Ajukan dia beberapa pertanyaan soal produk atau service Anda. 

Selanjutnya, kategorikan jawaban semua calon customer tersebut. Catat dan breakdown apa yang diharapkan mereka terhadap service atau produk Anda. 

Di sesi face to face meeting dengan klien tersebut, Anda dianjurkan untuk menanyakan beberapa hal yang bersifat personal, tetapi tetap sesuai bisnis Anda. Misalnya, masih soal bisnis tour & travel. Anda bisa bertanya soal selebtwit mana yang sering ia simak saat ia ingin traveling. Atau, artikel dari blog mana yang sering ia jadikan pedoman saat traveling

 

BACA JUGA: Digital Marketing Channels Mana yang Cocok Dipakai Tahun 2017?

Source:
https://sproutsocial.com/insights/social-media-promotion/
https://www.pexels.com/photo/notebook-macbook-pro-designer-technology-34199/
Image source: Pexels
In this article

Join the Conversation