Instagram Stories Ads: Fitur Baru Instagram untuk Bisnis

Di zaman yang serba digital ini, persaingan ketat antar pebisnis untuk mendapatkan pasar mulai banyak yang beralih ke sarana social media marketing. Hampir seluruh bisnis di Indonesia maupun...

356 0
356 0
Instagram Stories Ads: Fitur Baru Instagram untuk Bisnis

Di zaman yang serba digital ini, persaingan ketat antar pebisnis untuk mendapatkan pasar mulai banyak yang beralih ke sarana social media marketing.

Hampir seluruh bisnis di Indonesia maupun luar negeri menggunakan media sosial sebagai platform pemasaran utama saat ini, termasuk Instagram.

Instagram sendiri saat ini menjadi social media platform ke-3 terbesar dengan pengguna aktif di Indonesia. Sebanyak 39% dari 106 juta pengguna aktif media sosial mengakses Instagram. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi para pebisnis untuk memulai memasarkan produknya di ranah Instagram, yang sejak 2015 memiliki fitur terbaru Instagram Ads sebagai jasa iklan Instagram untuk memfasilitasi para pebisnis yang ingin memasarkan produknya.

Jasa iklan di Instagram semakin lama terus melakukan peningkatan, karena menurut Tech Crunch, Instagam saat ini sudah mencatat sebanyak 1 juta pengguna aktif untuk menggunakan jasa iklannya setiap bulannya.

Kenaikan penjualan ini berasal dari beberapa faktor. Menurut James Quarles kebutuhan pengguna untuk membuka Instagram di dunia semakin meningkat dan semakin banyak yang menggunakan jasa iklan Instagram melalui Instagram Business.

Mengapa Instagram Ads potensial untuk bisnis Anda? Sebanyak 75% pengguna Instagram terbukti langsung melakukan action dengan mengunjungi website produk tersebut saat mereka melihat iklan.

Kembali kepada Instagram Ads, Instagram memfasilitasi para pengiklan untuk memilih dua cara mengiklankan produknya di Instagram, yakni melalui penyebaran di timeline dan Instagram Stories. Perbedaannya terdapat pada tujuan pengiklan untuk mengiklankan produknya. Jika Instagram Stories hanya memilih tujuan “reach”, Instagram Ads memiliki banyak pilihan tujuan, seperti brand awareness, traffic, engangement, store visit, dan lainnya.

BACA JUGA:7 Hal Penting Agar Iklan Facebook Anda Tidak Ditolak

Instagram Stories

contoh instagram stories via blog.instagram
contoh instagram stories via blog.instagram

Pengguna Instagram saat ini banyak yang menggunakan Instagram Stories sebagai sarana berkomunikasi yang tersemat hanya selama 24 jam saja. Alias tidak akan ada selamanya di timeline Instagram Anda (non timeline).

Peluang ini digunakan sebaik mungkin oleh Instagram dengan membuka layanan iklan terbaru di Instagram Stories sejak Januari tahun ini.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk beriklan melalui Instagram Stories?

Membuat Instagram Stories Sendiri

Nah simak yuk bagaimana cara membuat Instagram Ads melalui Instagram Stories!

  1. Pembuatan iklan di Instagram harus melalui Facebook dan menggunakan power editor atau Facebook Business Manager. Hal pertama yang akan Anda temui adalah tujuan pembuatan iklan. Seperti yang dikatakan sebelumnya, untuk beriklan di Instagram Stories hanya memiliki tujuan “reach”.
  2. Memilih target audiens. Anda diharuskan memilih target audiens untuk menyasar kepada audiens yang tepat. Target audiens berisi demografi, interest, detailed target, connection, dan lain-lain.
  3. Setelah target terpenuhi Anda harus memilih penempatan iklan Anda. Karena Anda memilih promosi melalui Instagram Stories, maka Anda harus memilih edit placement dan mencentang bagian Instagram, lalu tekan Instagram Stories.
  4. Terakhir, memilih iklan dengan bentuk single photo atau video. Untuk memilih foto yang akan diiklankan juga ada ketentuannya yakni foto dengan ukuran 1080×1920 pixel atau rasio gambar 9:16 dan untuk meminimalkan ketimpangan di foto maka Anda harus menggunakan kata-kata yang kecil dengan tidak menambah lapisan di bawahnya.

Setelah keempat rangkaian tersebut selesai, Anda sudah bisa memulai untuk mengajukan iklan ke Instagram.

Ada hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai membuat iklan di Instagram, yakni rencanakan dahulu desain iklan yang akan dipost nanti. Pastikan untuk memilih foto atau video dengan kualitas yang tinggi dan menarik bagi viewers.

 

Source image: Pexels

In this article

Join the Conversation