Menciptakan Campaign Digital Marketing yang Pasti Sukses di Tahun 2017
Sudahkah Anda membaca artikel sebelumnya tentang Digital Marketing Trends 2017? Di dalam artikel tersebut, content marketing menjadi senjata utama bagi digital marketer. Berbagai teknik digital advertising pun mengadaptasi hasil...
Di dalam artikel tersebut, content marketing menjadi senjata utama bagi digital marketer. Berbagai teknik digital advertising pun mengadaptasi hasil statistik tersebut.
Meski menghasillkan hierarki antara satu teknik digital marketing dengan yang lainnya, inti dari semua teknik itu tetap sama. Mengoptimalkan popularitas internet sebagai peluang untuk menumbuhkan bisnis.
Keunggulan content marketing di peringkat pertama tidak semerta-merta menjadikannya sebagai satu-satunya teknik paling bisa dipakai sebagai digital marketing perusahaan. Semua teknik digital marketing saling beririsan sehingga kombinasi antarteknik akan lebih efektif.
Semua teknik digital marketing saling beririsan sehingga kombinasi antarteknik akan lebih efektif. Via Smart Insights.
Karena sifatnya yang seperti demikian, berikut ini panduan membuat Campaign Digital Marketing yang efektif.
Content Marketing Trends
Sebenarnya, content marketing sudah terlihat potensial sejak 3 tahun lalu. Situs Smart Insights mengatakan bahwa mereka sengaja mendesain strategi khusus mengenai konten digital sejak 3 tahun lalu di blog SmartInsight.com. Hasilnya pun sudah kelihatan di hari ini. Situs tersebut mendapatkan 71 lebih inbound link dan 1 juta visitor per hari.
Strategi khusus Smart Insights mengenai konten digital, via Smart Insights.
Namun berdasarkan catatan mereka, konten infografis masuk sebagai konten digital yang palingpowerful. Begitu pula menurut Hubspot, konten infografis:
Dibagikan 3x lipat dibanding konten-konten lain
Menjadi taktik bisnis digital marketing dengan konsep B2B
Cocok digunakan sebagai konten panduan.
Untuk menerapkannya dalam strategi digital marketing, Anda gunakan Canva sebagai tools untuk membuat infografis. Caranya sangat mudah. Daftarkan diri Anda dan pilih template infografis yang tersedia. Masukkan teks, desain, dan download hasilnya.
Memanfaatkan Big Data
Keberlimpahan data sangat rugi apabila dibiarkan begitu saja. Jumlah berkas di internet terus bertambah. Tidak lagi berupa teks atau foto saja, video, web, bahkan perilaku internet pun bisa Anda ketahui. Coba lihat ilustrasi di bawah ini.
Ilustrasi Big Data di Internet, via Smart Insights.
Pemanfaatan big data umumnya dalam bentuk referensi prediksi. Maksudnya, semua data diolah sedemikian rupa sehingga mampu menjadi bahan untuk memprediksi perilaku konsumen.
Ambil contoh di bidang pemasaran digital.
Anda bisa memakai tools dari Kofera untuk menjalankan pemasaran digital secara lebih efisien. Selain itu, Anda pun akan dipermudah untuk mengolah seluruh data yang Anda miliki sebagai dasar mengambil keputusan soal strategi digital marketing.
Menerapkan Marketing Automation
Proses eksekusi strategi digital marketing membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit. Ketepatan waktu dan frekuensi update harus tetap terjaga. Sering kali, tenaga manual“manusia” tidak mumpuni untuk memenuhinya. Tidak hjeran, 34% pelaku bisnis mengaku menggunakan marketing automation tools sebagai tools eksekusi strategi mereka.
Marketing Automation, via Smart Insights.
Meski terbilang menguntungkan, penggunaan marketing automation yang terlalu berlebihan tidak begitu baik bagi pertumbuhan bisnis.
Misalnya, tool untuk auto-post di media sosial. Sering kali, konsumen berkomentar atau bertanya di konten Anda. Pada kondisi ini, peran manusia tetap dibutuhkan supaya jawaban yang diberikan memuaskan pelanggan.
Beberapa tools marketing automation(khusus di media sosial) yang bisa Anda pakai di antaranya socialoomph, dlvr.it, dan IFTTT.
Selain itu, Anda pun bisa menggunakan berbagai fitur post schedule di blogging platform untuk menyesuaikan waktu“hidup” pembaca Anda.