Fakta Digital Marketing Trend Tahun 2017

Seperti apa gambaran tren digital marketing tahun 2017? Dari tahun 2016 ke 2017 saja, terjadi perubahan tren yang sangat signifikan. Strategi digital marketing tahun lalu tidak lagi relevan...

961 0
961 0
Digital Marketing Trend 2017

Seperti apa gambaran tren digital marketing tahun 2017?

Dari tahun 2016 ke 2017 saja, terjadi perubahan tren yang sangat signifikan. Strategi digital marketing tahun lalu tidak lagi relevan digunakan di tahun ini. Sebagai ilustrasi awal, di tahun 2016 email marketing, social media, dan online display advertising menempati urutan 3 besar. 

Fenomena di atas menandai era dimana email dan social media marketing merupakan media paling tepat sebagai media pemasaran digital. 

 

Statistik Digital Marketing 2016

Hasil statistik menunjukkan, media sosial merupakan sarana pemasaran digital dengan alokasi dana terbesar di tahun 2016.

 

Digital Marketing Trend 2017
Statistik Alokasi Dana Pemasaran Digital 2016, via Web Strategies.

 

Para pelaku bisnis pun berbondong-bondong mengandalkan social media sebagai media gerilya” pemasaran. Salah satu metode paling populer yaitu endorsement

Situs Kompas mengungkap bahwa bisnis endorsement melalui selebgram bukan main-main. Nilainya cukup fantastis. Sampai-sampai, pemerintah pun berencana menerapkan pajak terhadap selebgram karena jumlah penghasilan mereka cukup fantastis.

 

Penguat Tren Digital Marketing Tahun 2016 

Trend digital marketing tahun 2016 masih berlanjut. Bahkan, semakin menguat hingga pertengahan tahun. Salah satunya berkat kemunculan persentase penetrasi pengguna media sosial 2015-2020, mulai dari Facebook hingga Tumblr. Instagram yang notabene merupakan media social paling profitable saat ini memiliki penetrasi sebesar 90% lebih. 

 

Digital Marketing Trend
Persentase Penetrasi Pengguna Social Media dari 2015-2020, via Web Strategies.

 

Dari grafik di atas, media sosial tampak sangat seksi” dijadikan sebagai wadah memasarkan produk atau service

Situs eMarketer.com (penggagas survei dengan hasil seperti di atas) pun menegaskan bahwa media sosial akan berpeluang besar mengalahkan popularitas dari mesin pencari. Tercatat, para pengguna internet cenderung membuka media sosial ketika ia terkoneksi dengan internet. 

 

Digital Marketing Trend 2017

Perubahan cepat terjadi di tahun 2017. Media sosial tidak lagi menduduki peringkat 2 teratas. Ia terlempar ke urutan kelima setelah content marketing, big data, marketing automation, dan mobile marketing.

 

Digital Marketing Trend 2017
Teknik Digital Marketing 2017 yang sering digunakan, via Smart Insights.

 

Baca juga: 3 Jenis Digital Advertising untuk Meningkatkan Trafik Penjualan

 

Hasil survei terhadap 2.352 responden ini jelas menjadikan banyak digital marketer kelimpungan. Mereka harus segera mengganti strategi digital marketing. Teknik content mapping pun mau tidak mau harus segera mereka bicarakan supaya target revenue atau bahkan profit perusahaan di tahun 2017 ini terpenuhi. 

Content marketing sebagai elemen tertinggi dalam survei tersebut menggambarkan bahwa ketertarikan pembaca” iklan terhadap sebuah ifnormasi baru semakin besar. 

Bisa pula disimpulkan, pembaca tidak lagi segan menjadikan informasi-informasi di internet sebagai data yang valid. Sepanjang Anda membuat konten yang tepat sesuai kebutuhannya dan make sense menurut logika pembaca”, maka konten digital marketing Anda akan memperoleh respons positif. 

 

Budget Digital Marketing 2017

Di tahun 2016 saja, para pengiklan rata-rata mengeluarkan dana sebesar Rp1,9 miliar per tahun untuk keperluan kampanye pemasaran digital. Mulai dari perencanaan hingga eksekusi konten digital marketing.

Dari angka tersebut bisa diartikan, pebisnis telah merasakan peningkatan hasil dari strategi pemasaran digital di tahun sebelumnya sehingga mereka mau mengeluarkan uang dalam jumlah besar. Di tahun 2017, angka tersebut tentu akan meningkat berkali-kali lipat.

Digital Marketing Trend 2017
Budget Digital Marketing berdasarkan Media tahun 2014-2020, via Web Strategies.

 

Pemasaran digital diperkirakan akan mengalahkan TV Advertising di tahun 2017 ini. Situs eMarketer.com pun menggambarkan pertumbuhan alokasi dana pemasaran dari berbagai media dengan jelas seperti di bawah ini.

 

 

Image source: Pexels
In this article

Join the Conversation