10 Fitur Tools Digital Marketing Facebook Insights yang Wajib Anda Gunakan

Bukan sekadar media sosial, Facebook tumbuh sebagai wadah berkumpulnya calon konsumen Anda. Pada bulan Juni 2017 kemarin, pengguna aktif Facebook mencapai angka 2 miliar. Facebook berada di peringkat...

660 0
660 0
Fitur Tools Digital Marketing

Bukan sekadar media sosial, Facebook tumbuh sebagai wadah berkumpulnya calon konsumen Anda. Pada bulan Juni 2017 kemarin, pengguna aktif Facebook mencapai angka 2 miliar. Facebook berada di peringkat teratas, meninggalkan Youtube dan Instagram.

Fitur Tools Digital Marketing FB Insights
Social Media Monthly Users, via TechCrunch

Dari tahun ke tahun, Facebook mengalami pertumbuhan masif. Dirilis pada tahun 2007, Facebook mengalami peningkatan cukup signifikan di tahun 2012.

Fitur Tools Digital Marketing FB Insights
Facebook Monthly Active Users June 2017, via TechCrunch

 

 

Baca juga: Strategi Social Media Marketing untuk Bisnis Digital

 

 

Dari sisi digital marketing, Facebook memiliki beberapa keuntungan, di antaranya:

  • Memperluas daya jangkau bisnis terhadap konsumen yang potensial
  • Mengukur lebih banyak leads melalui Facebook page untuk mempelajari consumer behavior
  • Menghemat biaya pemasaran
  • Menjangkau target market
  • Membangun brand loyalty dengan cepat
  • Meningkatkan web traffic
  • Membantu kesuksesan SEO strategy

Di balik semua keuntungan Facebook bagi pebisnis, terdapat digital marketing tools di belakangnya, yaitu Facebook Insight. Berikut beberapa panduan penggunaan Facebook Insights untuk menganalisis laju bisnis Anda.

Posts Performing: Mengetahui Statistik Kemampuan Posting

Facebook Insights sebagai digital marketing tools akan memberikan hasil analisis dari setiap posting Anda. Mulai dari kapan user online, jenis posting seperti apa yang mendapat skor engagement tinggi, dan referensi post yang relevan dengan postingan Anda.

Fitur Tools Digital Marketing FB Insights
Facebook Insights, via Buffer

 

Selain itu, ada pula fitur all post published. Fitur ini memungkinkan Anda mengetahui daftar postingan yang telah Anda publish. Selain itu, Anda pun akan memperoleh preview informasi sesuai post tersebut. Seperti: published date and time, post caption, post type, targeting, reach, and engagement.

Menganalisis Waktu Respons dan Konten Messenger

Ketika Anda sering menggunakan Messenger sebagai digital marketing tools untuk mendistribusikan konten digital marketing, Anda akan melihat hasil Facebook Insights seperti demikian:

Fitur Tools Digital Marketing FB Insights
Facebook Insights Metrics, via Buffer

 

Selanjutnya, Anda perlu mengetahu apa saja fungsi di dalam metrik tersebut. Misalnya saja, total conversations. Metrik ini menampilkan angka percakapan antara Facebook dengan user melalui fitur Messenger. Selain itu, masih ada beberapa metrik lain, yaitu:

  • Your Responsiveness. Persentase pesan yang Anda jawab dan seberapa lama waktu response Anda melakukan hal tersebut. 
  • Deleted Conversations. Jumlah percakapan antara Anda dan user melalui Facebook Page yang dihapus oleh user bersangkutan. 
  • Marked as Spam. Persentase dan jumlah percakapan dari halaman Facebook Anda yang ditandai sebagai spam
  • Blocked Conversations. Persentase dan jumlah percakapan dari halaman Facebook page Anda yang di-block oleh user.

Selain dari dua hal yang bisa Anda dapatkan dari Facebook Insights di atas, masih ada lebih dari 8 hal lagi. Dan, fungsi paling penting bagi pertumbuhan bisnis Anda melalui digital marketing di Facebook, yaitu page views.

Analisis User Behavior di Facebook Page

Anda bisa menemukan metrik sangat banyak sekali di bagian ini. Digital marketing tools akan menampilkan lebih dari 20 metrik soal Facebook Page milik Anda.

Fitur Tools Digital Marketing FB Insights
Facebook Insights Metrics, via Buffer

 

Setiap metrik di atas masih bisa Anda breakdown sehingga Anda bisa mengetahui informasi yang lebih detail lagi. Akan lebih mudah dipahami bila Anda mengurutkan metrik berdasarkan karakter sesuai keinginan Anda.

Mengingat metrik dalam Facebook Insights amat kompleks, pelajari bagian per bagian dari metrik tersebut. Lakukan case study supaya Anda menerima insight dari analisis itu. 

 

Image Source: Pexels

In this article

Join the Conversation