Bagaimana Tren Content Marketing di Tahun 2018?

Sebelum membahas trend pada content marketing di tahun 2018, mari kita membahas mengenai pengertian dari content marketing. Content marketing sendiri merupakan pemasaran yang berbasis konten (teks dan visual)...

339 0
339 0

Sebelum membahas trend pada content marketing di tahun 2018, mari kita membahas mengenai pengertian dari content marketing. Content marketing sendiri merupakan pemasaran yang berbasis konten (teks dan visual) dengan pendistribusian konten dengan saluran-saluran yang berbeda. Berbeda dengan konten pada biasanya, content marketing ini dilakukan untuk meningkatkan popularitas terhadap produk atau layanan terhadap target sasaran bisnis Anda.

Content marketing juga merupakan salah satu layanan dari SEO yang dapat dilakukan untuk meningkatkan popularitas bisnis Anda dengan menggunakan Google atau platform lainnya. Mencampurkan konten dan SEO adalah hal yang tepat untuk membawa kehadiran digital ke dalam bisnis Anda secara nyata dan virtual.

Study Content Marketing Trends

Study yang dilakukan pada content marketing 2014-2019 mendapatkan hasil yang cenderung menaik pada setiap tahunnya. Popularitas content marketing di dunia yang semakin meningkat, diprediksi mampu menaikkan profit sebanyak 168.61 billion USD dari awal nya 144.81 UDS billion USD meningkat menjadi 313.42 billion USD. Untuk popularitas dan index konten pada masa depan dirangkum dari 5 teratas:

  1. Social Media Post: 45%
  2. News Article: 44%
  3. Video: 43%
  4. Interactive Articles: 31%
  5. Researched Content: 31%

BACA JUGA: Mengubah Artikel Menjadi Content Marketing Efektif bagi Blogger

Lalu, bagaimana prediksi konten untuk masa mendatang?

  1.  Live Streaming: Pada tahun 2017 sebanyak 74% media sosial, seperti Snapchat dan Facebook dipergunakan untuk menonton video. Dimana pengguna Snapchat telah meng-upload hampir 10 miliar video per harinya. Sedangkan Facebook Live hampir 8 miliar video per hari dengan total 500 juta viewers.
  2. Virtual Reality: Perangkat keras VR yang sudah banyak digunakan saat ini memiliki pendapatan yang bisa mencapai USD 5.2 miliar untuk masa mendatang.
  3. Augmented Reality: 53% para pemasar AR optimis untuk di masa depan.
  4. Email newsletter: Traffic penggunaan e-mail setiap tahunnya pada 2015 sebanyak 205 miliar dan diprediksi pada 2019 menaik menjadi 246 miliar.
  5. Storytelling: Cerita sebanyak 22 kali penayangan per jamnya lebih mudah untuk diingat daripada fakta dan figur.

(Sumber: Techmagnate)

Content Marketing Trends 2018

Akhirnya kita masuk pada tren content marketing 2018 dengan 6 tren yang disimpulkan, berikut urutannya.

1. Live Streaming

Live streaming via Pexels
Live streaming via Pexels

Sejumlah platform media sosial seperti Instagram, Facebook, Snapchat, hingga YouTube  memiliki fasilitas konten live streaming. Penggunaan live streaming ini dapat menguntungkan Anda para pelaku bisnis untuk memperkenalkan layanan atau produk terbaru bisnis Anda, tutorial, peluncuran produk terbaru, maupun keperluan lainnya. Pada 2017 hampir seluruh penggunaan internet dipenuhi dengan tayangan video. Hal ini tentunya menandakan pertumbuhan live streaming selalu meningkat dan pantas untuk dijadikan tren content marketing di tahun 2018.

2. Media Sosial Influencer

Influencer biasa menggunakan artis-artis besar yang memiliki bayaran mahal untuk mempromosikan produk tertentu. Tetapi berbeda dengan saat ini, Instagram contohnya, para influencer bukan hanya dari kalangan artis, tetapi orang biasa yang memiliki account dengan jumlah followers banyak juga dapat disebut dengan “selebgram”.

Bisnis Anda juga bisa dipromosikan oleh para selebgram tersebut. Ada baiknya pilih selebgram yang memiliki para followers yang sesuai dengan target sasaran bisnis Anda. Tren ini akan terus menaik sebagai trend content marketing 2018 karena kemudahannya dan banyak orang yang memberikan perhatian penuh terhadap para influencer juga postingannya di berbagai platform media sosial.

3. Virtual Reality

Virtual reality via Pexels
Virtual reality via Pexels

Produk Virtual Reality (VR) ini merupakan teknologi terbaru untuk melihat layar imajiner melalui alat yang diletakkan di depan mata seperti kacamata. Bisnis yang biasanya menggunakan VR ini menampilkan produk dan layanan yang berkelas premium. Produk ini masih cukup mahal untuk bisa digunakan oleh semua orang, jadi masih sedikit yang menggunakan VR ini sebagai alat untuk promosi. Produk dengan realitas maya ini memiliki potensi penghasilan pendapatan bagi para produsennya hingga USD 5.2 miliar pada tahun 2018. Tren penggunaan VR ini juga akan terus menaik sebagai trend content marketing.

4. Augmented Reality

Anda pasti sudah tidak asing bukan, dengan permainan Pokemon Go? Ya, Jenis augmented reality seperti permainan Pokemon Go yang berbasis realitas dan dirancang dengan realitas yang ada. Bisnis seperti ini diperkirakan akan semakin banyak berkembang mengenal banyak yang menyukai games seperti Pokemon Go karena menyatukan kita terhadap realitas. Ini didukung juga dengan angka optimis sebanyak 53% mengenai masa depan augmented reality ini.

5. Email Newsletter

Penggunaan e-mail newsletter menjadi popular baru-baru ini karena pemasaran email yang telah dilakukan menunjukkan peningkatan yang signifikan. Para pebisnis menggunakan newsletter dengan fokus terhadap orang-orang yang memang ingin berlangganan dan lebih banyak sekarang yang membacanya daripada yang mengabaikannya. Survei mengatakan bahwa 75% pemasar mendapatkan ROI yang bagus dari marketing email newsletter ini. Hal ini juga patut menjadi tren content marketing 2018 karena angka yang diperkirakan pada 2018-2019 untuk jumlah pengiriman dan penerimaan pesan mencapai 256 miliar pembaca.

6. Storytelling

Cerita lebih diingat 22 kali dibanding dengan fakta dan angka-angka. Hal tersebut membuat para pembuat konten tetap berjaya pada masa mendatang. Masih banyaknya minat orang untuk membaca dan banyak sarana yang bisa membuat orang membaca dengan santai dan dengan aplikasi yang mudah digunakan membuat semakin nyaman para pembaca. Pembuatan konten yang sekarang terus berkembang dan juga mendongeng adalah cara terbaik untuk mengisi konten baru dengan cara yang menarik. Story telling juga diprediksi menjadi tren content marketing 2018.

Bagaimana? Jadi konten apa yang mulai Anda pertimbangkan untuk bisnis?

In this article

Join the Conversation