Langkah-Langkah Membuat Content Viral dalam 3 Menit

Pernah terbayang content marketing Anda dibaca oleh 380.000 unique visitor dalam kurun waktu sebulan? Supaya content marketing seperti demikian, gunakan strategi content viral. Salah satu contohnya seperti situs hipwee.com....

82 0
82 0
Membuat Content Viral dalam 3 Menit

Pernah terbayang content marketing Anda dibaca oleh 380.000 unique visitor dalam kurun waktu sebulan?

Supaya content marketing seperti demikian, gunakan strategi content viral. Salah satu contohnya seperti situs hipwee.com. Berdiri sejak April 2014, situs ini mengalami pertumbuhan unique visitor dan pageview yang cukup signifikan. 

  • Di bulan Juni, Hipwee mendapat 380.000 unique visitor dengan 1,1 juta pageview.
  • Di bulan Juli, sebanyak 580.000 unique visitor dengan 1,7 juta pageview.
  • Di Agustus, melesat hingga 1.016.940 ­unique visitor dengan 3,3 juta ­pageview­.
  • Januri 2017, pageview menembus angka 18 juta dalam sebulan.

Pertanyaan pun muncul. Bagaimana membuat content marketing seperti demikian? Belajar dari situs seperti Hipwee, Anda perlu memoles sedikit content marketing dengan cara berikut ini.

Konten Viral Anatomi

Saat Anda berkomitmen membuat konten viral, sebaiknya Anda harus mengerti konsep dasar dari konten viral itu sendiri. Misalnya, cocok dibagikan ke media sosial atau isi konten menggambarkan jati diri pembaca. Kedua hal tersebut setidaknya harus ada di setiap konten viral yang Anda buat. Selain itu, konten viral buatan Anda haruslah seperti ilustrasi di bawah ini.

Source: http://neilpatel.com/blog/how-to-create-viral-content-that-will-drive-2500-visitors-per-day/

Substansi dari konten pun harus dibuat sedemikian rupa sehingga ia bernilai memorable dan persuasif. Guna membuat konten seperti demikian, Anda bisa mulai membuat konten dalam bentuk infografis. Alasannya, konten seperti demikian memiliki potensi cukup besar untuk dibagikan. 

Source: http://neilpatel.com/blog/how-to-create-viral-content-that-will-drive-2500-visitors-per-day/

Memiliki Pesan Positif

Selain mencipta content marketing yang memorable dan persuasif, jangan lupa memasukkan pesan-pesan positif di dalamnya. Setidaknya, manfaat konsep seperti ini sudah dirasakan oleh MalesBanget.com. Situs ini memiliki kunjungan pembaca sebanyak 1,8 juta visitor di bulan Juni kemarin. Bahkan, di bulan Januari kunjungan pembaca menembus angka 3,2 juta dalam sebulan. 

Source: https://www.similarweb.com/website/malesbanget.com

Pesan positif dalam sebuah konten bisa Anda kondisikan dengan cara menyertakan quotes yang sesuai. Kumpulan quote positif bisa Anda peroleh di situs brainyquote.com, misalnya.

 

Baca juga: Mengubah Artikel Menjadi Content Marketing Efektif bagi Blogger

 

Mudah Dipraktikkan Ulang oleh Pembaca

Konten yang mudah dipraktikkan ulang oleh pembaca pun berpotensi sekali menjadi konten viral. Apabila Anda ingin mendapatkan hasil digital marketing yang positif, cobalah buat sebuah situs dengan konsep seperti situs WinPoin.com. Situs ini berisi tutorial seputar Microsoft, Windows, Windows Mobile, PC, tablet, smartphone, dan devices lain. Berkat konsep seperti demikian, WinPoin memperoleh kunjungan mencapai 1 juta pembaca dalam sebulan. 

Source: https://www.similarweb.com/website/winpoin.com

Selain mendesain konten seperti di atas, Anda pun harus memperhitungkan aspek lain mengenai bagaimana sebuah konten menjadi konten viral?”. Salah satu cara pelengkapnya adalah dengan menerapkan konsep STEPPS. Perhatikan dan pahami benar-benar ilustrasi di bawah ini. 

Source: http://knowledge.ckgsb.edu.cn/2014/03/20/marketing/contagious-jonah-berger-on-why-things-catch-on/

Pelengkap Konten Viral

Selain 3 hal tadi, mengubah content marketing biasa-biasa saja menjadi konten viral bisa dilakukan dengan cara:

  • Membagikannya secara konsisten ke media sosial
  • Melengkapinya dengan quotes motivasi
  • Men-tag situs atau akun-akun yang relevan dengan topik
  • Pilih media sosial yang tepat dan sesuai segmentasi konten
  • Cobalah melakukan guest posting ke situs atau blog lain 

Prasyarat membuat konten viral amat sangat dipengaruhi oleh konsistensi Anda dalam membuat dan membagikan konten. Sebut saja seperti Hipwee. Situs ini sejak awal kemunculan selalu konsisten membagikan setiap artikel ke media sosial, Facebook. Dan, hasilnya cukup positif. Trafik mereka hari ini (pada saat artikel ditulis) menembus 13 juta viewers dalam sebulan.

In this article

Join the Conversation