7 Tools Gratis untuk Meningkatkan SEO Bisnis Anda

Tidakkah Anda ingin mengotomatiskan teknik digital marketing? Perkembangan strategi digital marketing sangat cepat. Tanpa menggunakan digital marketing tools, Anda akan kewalahan menghadapi semua itu. Mulai dari monitoring, analisis, hingga...

196 0
196 0
7 Tools SEO Gratis

Tidakkah Anda ingin mengotomatiskan teknik digital marketing?

Perkembangan strategi digital marketing sangat cepat. Tanpa menggunakan digital marketing tools, Anda akan kewalahan menghadapi semua itu. Mulai dari monitoring, analisis, hingga proses eksekusi strategi. 

Di samping itu, pertumbuhan digital marketing tools pun sangat subur. Dikutip dari situs clickminded.com, setidaknya ada 31 digital marketing tools ditemukan. Pada artikel ini, Anda akan disajikan 7 tools untuk mengotomatiskan kinerja digital marketing Anda selama ini. 

Moz Local Listing Score: https://moz.com/local/search

Digital marketing tools yang pertama ini untuk mengetahui informasi bisnis Anda berdasarkan berbagai situs. Mulai dari mesin pencari (Google) hingga media sosial (Facebook). 

Cara pemakaiannya cukup mudah. Silakan kunjungi situs https://moz.com/local/search, lengkap kolom yang tersedia, lalu klik check my listing. Hasilnya akan serupa dengan ini:

Source: https://blog.bufferapp.com/free-seo-tools

 

Apabila Anda menemui notifikasi You have exceeded your rate limit. Contact help@moz.com if you believe this is an error.”, maka silakan mengirim email ke pihak help@moz.com supaya Anda bisa kembali memakai tools ini. 

Open Site Explorer: http://moz.com/researchtools/ose

Anda bisa mengetahui daftar situs mana yang memberi pengaruh besar bagi digital marketing situs Anda. Singkat cerita, Open Site Explore merupakan alat untuk mengumpulkan berbagai link yang mengarah ke dalam atau ke luar dari situs Anda. 

Penggunaan tool ini untuk memilah strategi konten digital mana yang efektif dan tidak efektif. 

Source: https://moz.com/researchtools/ose/pages?site=ideoworks.id&sort=page_authority&filter=all&page=1

QuickSprout Website Analyzer: http://www.quicksprout.com/

Semula, banyak blogger atau bahkan internet marketer enggan menggunakan digital marketing tools ini. Kebanyakan dari mereka merasa ragu karena untuk mendapatkan hasil analisis, visitor harus menghubungkan tool ini ke akun Gmail mereka. 

Namun, hal itu sudah berubah. 

Apa fungsi tools ini? QuickSprout Website Analyzer merupakan sebuah alat untuk melihat situs Anda secara komprehensif. Mulai dari optimasi SEO, speed, tags, keywords, social impact, links, bahkan perbandingan antara situs Anda dengan situs lain (yang Anda tentukan).

Penggunaannya cukup sederhana. Masukkan URL situs Anda, maka Anda akan melihat hasilnya. Anda tidak perlu mengintegrasikan Gmail untuk menggunakan tools ini.

Source: https://www.quicksprout.com/

SERPs Rank Checker: https://serps.com/tools/rank_checker

Merupakan digital marketing tools untuk mengetahui peringkat situs. Cukup masukkan URL situs dan keyword, maka hasil akan terlihat. 

Istilah SERPs Rank” bermakna halaman hasil penelusuran berdasar kata kunci yang biasa Anda masukkan di mesin pencari. SERPs merupakan sinkatan dari Search Engine Result Page.

Browseo: http://www.browseo.net/

Melalui browseo, Anda seolah-olah sedang menjadi search engine. Ya, tools ini dipakai untuk mengetahui bagaimana sebuah situs terlihat oleh mesin pencari. 

Browseo akan membantu Anda untuk tahu lebih detail hierarki elemen-elemen di dalam situs secara natural (tanpa CSS, JavaScript, dan sebagainya).  

Searchmetrics Website Analyzer: http://suite.searchmetrics.com/en/research

Anda akan lebih mudah memonitoring peringkat situs berdasarkan hasil pencarian, interaksi sosial, serta preview peringkat tertinggi menganai situs, misalnya top pages

Supaya bisa mengaksesnya, Ada dua jenis layanan yaitu gratis atau berbayar.  

Ahrefs’ Site Explorer and Backlink Checker: https://ahrefs.com/

Digital marketing tools ini akan menampilkan dashboard halaman referral, inbound atau outbound link. Selain itu, informasi lainnya pun akan dibagikan. Seperti, keyword research, backlink research, content research, dan masih banyak lainnya. 

Sebelum bisa menikmati semua layanan tersebut, Anda harus mendaftar terlebih dulu. Namun, akan lebih sempurna apabila Anda berlangganan supaya bisa menikmati seluruh fitur yang tersedia.  

[Bonus] Structured Data Testing Tool: https://developers.google.com/structured-data/testing-tool/

Validasi struktur data sebuah situs pun harus Anda perhatikan. Mesin pencari akan mencermati setiap data yang ada di halaman situs Anda. Struktur data yang tidak teratur akan mengakibatkan situs Anda tidak terindeks oleh mesin pencari dengan baik. 

 

Penggunaan kedelapan digital marketing tools di atas setidaknya akan sedikit meringankan beban Anda dalam penerapan taktik digital maketing. So, mana tools yang sesuai kebutuhan Anda?

In this article

Join the Conversation