Social Media Marketing: 5 Persiapan Sebelum Membuat Facebook Ads

Bagaiaman memulai Facebook Ads? Mengapa Facebook Ads adalah pilihan strategi social media marketing yang tepat saat ini? Facebook ternyata menjadi sarana berkomunikasi melalui media digital terbesar kedua di...

206 0
206 0
Social Media Marketing: Sebelum Membuat Facebook Ads

Bagaiaman memulai Facebook Ads? Mengapa Facebook Ads adalah pilihan strategi social media marketing yang tepat saat ini?

Facebook ternyata menjadi sarana berkomunikasi melalui media digital terbesar kedua di Indonesia. Fakta membuktikan bahwa terdapat 106 juta orang menggunakan Facebook secara aktif setiap bulannya dan 41% merupakan pengguna aktif setiap harinya.

Tentunya angka ini cukup meyakinkan untuk Anda yang ingin memulai berbisnis dengan social emdia marketing. Lewat akun bisnis, tak hanya berfungsi sebagai brand awarness, Facebook page yang banyak dapat menciptakan keterlibatan antara pemilik bisnis dengan konsumen.

Cara paling efektif untuk menambah fans hingga meningkatkan conversion adalah dengan Facebook Ads. Keunggulan Facebook Ads sendiri, Anda bisa menargetkan konsumen yang sesuai dengan bisnis Anda. Pengaturan tersebut bisa berupa usia, lokasi, status, hingga interest sehingga iklan Anda tampil hanya kepada orang-orang yang sudah menjadi target. Jadi, budget yang dikeluarkan untuk Facebook Ads tak akan terbuang percuma.

Meskipun terkesan mudah, Facebook Ads tetap membutuhkan business plan terlebih dahulu. Maka, berikut lima hal yang perlu diperhatikan jika beriklan di Facebook.

BACA JUGA: Social Media Marketing: 5 Platform Media Sosial yang Tepat Untuk Mengembangkan Bisnis Anda

Memperbaiki Website 

Sudah seharusnya Anda memiliki website atau landing page untuk keperluan bisnis Anda. Website bagaikan rumah utama bagi perusahaan Anda di dunia digital, maka penuhi rumah itu dengan seluruh deskripsi mengenai produk Anda juga dengan promosi-promosi terkini mengenai produk Anda.

Jika merasa seluruh informasi dan content sudah siap untuk launching, maka Anda bisa berlanjut untuk mengiklankan produk melalui berbagai platform di media sosial yang Anda miliki, salah satunya yakni Facebook Ads.

Facebook Ads berujuan menarik audience yang dituju untuk masuk ke dalam website Anda. Jika Anda memiliki kesusahan dalam membuat website berskala besar, Anda bisa memulai dengan menggunakan blog gratis atau Anda juga bisa memakai jasa digital advertising yang akan membantu bisnis Anda beriklan dengan Facebook Ads.

Mempersiapkan Fans Page Facebook

Langkah selanjutnya yakni mulai mempersiapkan Facebook fans page untuk beriklan menggunakan Facebook Ads karena ini termasuk hal yang wajib untuk Anda dilakukan.

Sebenarnya ada beberapa jenis Facebook Ads, salah satunya adalah Page Post Engagement dan Page Likes. Page Post Engagement merupakan jenis iklan yang bisa menaikkan reputasi Anda lewat likes, share, atau comment. Sementara Page Likes atau fans akan membangun kredibilitas di komunitas media sosial. Singkatnya semakin banyak jumlah likes maka semakin banyak orang yang percaya dengan bisnis. Nah, jika Anda ingin menggunakan dua jenis iklan Facebook Ads tersebut, Anda tentunya harus memiliki akun Fans Page.

Memilih Target Pasar yang Tepat dan Terfokus

Memilih Target Pasar yang Tepat dan Terfokus via Pexels

Hal mendasar seperti ini banyak yang menghiraukannya. Mengapa kriteria audiens ini sangat perlu dipikirkan diawal? Pasalnya saat berbicara Facebook Ads, Anda disuguhkan kriteria adience yang diinginkan, seperti interest, lokasi, umur, gender, dan lainnya.

Nah, mengapa kriteria perlu ditentukan dengan tepat? Jika Anda salah membuat kriteria target, Anda kemungkinan besar akan merugikan budget yang sudah Anda persiapkan tapi malah gagal menggaet pasar yang diinginkan. Misalnya, jika Anda menjual jasa sulam alis tapi ternyata targetnya melenceng ke audiens lelaki, akan gagal total pemasaran yang Anda harapkan.

Buatlah Content Marketing Agar Tepat Sasaran

Content marketing bukan hanya untuk mengiklankan produk di Facebook Ads saja. Saat Anda membuat fans page juga Anda harus mengisi deskripsi yang menarik.

Apalagi jika sudah membuat kriteria spesifik untuk mengiklankan produk, maka Anda juga harus bisa membuat content sesuai dengan target audiens yang diinginkan.

Mulailah memikirkan tentang kedepannya bagaimana iklan Anda akan menjadi booming tanpa harus merasa rugi dengan budget yang sudah dikeluarkan.

Jika Anda sudah membuat iklan dengan target audiens yang tepat, tetapi Anda tidak membuat content dengan matang dan penuh persiapan, maka Anda akan sia-sia saja mengiklankan produk.

Misalnya, jika Anda menjual produk untuk naik gunung, maka konten yang tepat seperti.

  1. cara-cara menjaga produk agar awet
  2. tips untuk para pendaki aman saat mendaki
  3. persiapan mendaki yang tepat

Membaca dan Mematuhi Peraturan Facebook Ads

Nah ini hal terakhir yang harus Anda persiapkan. Peraturan pada Facebook Ads mungkin bisa dikatakan terlalu banyak yang mungkin membuat Anda bingung. Penting bagi Anda untuk membaca dan memahami apa saja peraturan yang sudah tertera, seperti content apa saja yang tidak bisa di-publish dan lainnya.

Akhirnya, banyak content iklan yang ditolak oleh Facebook karena content yang tidak sesuai peraturan namun bagi Anda bisa saja ini hal yang biasa untuk di iklankan. Bukan hanya pebisnis biasa yang di tolak iklannya, ada praktisi yang sudah mengiklankan banyak produknya masih saja suka ditolak tanpa diketahui penyebab Facebook menolak iklan yang sudah dibuat.

In this article

Join the Conversation