Keuntungan Digital Advertising bagi Pebisnis Cafe dan Sejenisnya

Berkat internet bisnis meroket, benarkah? Sebab internet, banyak artis baru bermunculan. Mereka dikategorikan berdasarkan jenis media internet yang digunakan. Blogger: Raditya Dika, Diana Rikasari, Sonia Eryka Twitter: @aMrazing,...

77 0
77 0
Keuntungan Digital Advertising

Berkat internet bisnis meroket, benarkah?

Sebab internet, banyak artis baru bermunculan. Mereka dikategorikan berdasarkan jenis media internet yang digunakan.

  • Blogger: Raditya Dika, Diana Rikasari, Sonia Eryka
  • Twitter: @aMrazing, @pergijauh, @ndorokakung 
  • Youtube: Eka Gustiwana, Gamaliel & Audrey Tapiheru, Natasha Farani

Tidak hanya bagi individu-individu, kehadiran internet membantu para pelaku bisnis untuk memasarkan produk atau service-nya. 

Bisnis offline dan digital Advertising

Menurut kontan.co.id, internet membuat segala sektor bisnis semakin menggeliat. Misalnya, bisnis perjalanan atau travel agent, produk fashion, kuliner, hingga jasa ekspedisi. 

Pertumbuhan bisnis-bisnis tersebut diakibatkan oleh kesadaran para pebisnis soal digital advertising. Kehadiran internet membuat strategi promosi mereka menjadi lebih variatif. Berbagai strategi digital marketing pun bisa mereka terapkan di dalamnya. 

Tidak masalah apabila bisnis Anda adalah bisnis offline. Sepanjang penerapan digital marketing tepat, maka bisnis akan tetap laris. Menurut forbes.com, kesuksesan sebuah digital advertising tergantung kecermatan pengiklan untuk memonitor performa strategi promosi. 

Salah satu keunggulan digital advertising yaitu kemudahan dalam memonitor campaign. Cermat dalam menganalisis dan segera melakukan improvement campaign akan menyebabkan bisnis tumbuh cepat. 

Contoh saja Sumo Sushi Bar. Tempat usaha kuliner ini ramai dikunjungi konsumen berkat digital marketing, khususnya di channel media sosial. Begitu pula dengan Warunk UpNormal. Berkat kepandaiannya mencermati segmen market, Warunk UpNormal sudah memiliki cabang di 30 kota di seluruh Indonesia. Selain itu, masih ada beberapa tempat usaha offline yang sukses berkat digital advertising, yaitu:

  • Baksoboedjangan dotcom
  • Nasgormafia dotcom
  • Sambalkarmila dotcom

Efektivitas digital advertising

Meski berpeluang meningkatkan kunjungan konsumen ke lokasi bisnis Anda, digital advertising bisa pula merugikan Anda. Ketiadaan strategi yang tepat dan eksekusi yang cermat hanya akan menghabiskan modal usaha. Oleh sebab itu, penting sekali bagi Anda untuk mengetahui lebih lanjut soal digital advertising

Situs forbes.com memiliki sedikit saran supaya digital advertising Anda lebih efektif, yaitu:

  • Compelling Messaging. Pastikan bahwa informasi yang akan Anda sampaikan mudah dicerna oleh konsumen. Anda hanya memiliki waktu beberapa detik saja supaya konsumen tertarik dengan produk Anda. So, gunakan kalimat yang singkat, tetapi efektif ketika Anda menerapkan strategi digital advertising. 
  • Designated Landing Pages. Karena berkutat di dunia online, landing page merupakan elemen penting berikutnya. Landing page serupa dengan beranda rumah Anda. Di elemen inilah Anda akan menyambut para konsumen. Oleh sebab itu, berilah konten relevan dan mampu mengilustrasikan produk Anda dalam sekejap. 
  • Imagery Matters. Visualisasi produk sangatlah penting. Apa pun produk yang Anda jual, pastikan itu tervisualisasi dengan baik. Lihat situs Bakso Boedjangan atau Nasgor Mafia, pertama melihatnya Anda pun akan tahu bahwa masakan-masakan itu lezat”. Apa yang membuat persepsi seperti demikian? Berkat foto kan?  
  • Test, Monitor, And Test Again. Teori tanpa bukti hanya akan menyusahkan Anda. Apa pun strategi digital advertising yang Anda pakai, selalu analisis respons konsumen terhadapnya. Terutama soal konten digital marketing-nya. Apabila dirasa kurang efektif, segera perbaiki dan lempar kembali ke konsumen. Mengenai hal ini, Anda bisa memanfaatkan fitur A/B testing. Fitur ini memberikan kemudahaan untuk memonitor dua buah strategi digital marketing yang Anda terapkan.  

Digital advertising terbukti menguntungkan. Namun tanpa kehatian-hatian, bisnis Anda malah cenderung terbebani. Sama halnya dengan advertising di era nondigital, mereka harus sama-sama membantu produk atau service terbeli oleh konsumen. 

In this article

Join the Conversation