Social Media Marketing: 5 Platform Media Sosial Untuk Mengembangkan Bisnis Anda

Tahukah Anda jika terdapat 106 juta masyarakat Indonesia aktif dalam menggunakan media sosial? Menurut Hootsuit dan We Are Social sekitar 40% populasi masyarakat Indonesia sudah melek pada media...

190 0
190 0

Tahukah Anda jika terdapat 106 juta masyarakat Indonesia aktif dalam menggunakan media sosial? Menurut Hootsuit dan We Are Social sekitar 40% populasi masyarakat Indonesia sudah melek pada media sosial. Angka tersebut cukup besar bagi pengguna media sosial di Indonesia, karena sejak tahun 2016 hingga 2017 terdapat kenaikan pengguna media sosial sebanyak 34% atau sekitar  27 juta users yang mempunyai media sosial.

Ternyata zaman telah semakin berubah. Dahulu hanya mempromosikan produk lewat iklan di koran, TV, dan radio, saat ini kita bisa memasarkan produk hanya dengan media sosial, tanpa biaya banyak dan tentunya sangat fleksibel.

Menurut Wordstream, Social Media Marketing merupakan bentuk pemasaran internet yang melibatkan pembuatan dan pembagian konten di jejaring media sosial untuk mencapai sasaran pemasaran dan merek. Pemasaran media sosial mencakup aktivitas seperti mem-publish pembaruan teks dan gambar, video, dan konten lainnya yang mendorong keterlibatan pemirsa, serta iklan media sosial berbayar.

Maka dengan adanya social media marketing, akan memudahkan bisnis Anda berselancar di dunia digital, karena market menjadikan media sosial sebagai sumber informasi dan rujukan bisnis terpercaya saat ini.

Platform Media Sosial untuk Bisnis Anda

Most Active Social Media Platforms via We Are Social Singapore
Most Active Social Media Platforms via We Are Social Singapore

Berujuk pada data di atas yang dikeluarkan oleh Hootsuite periode 2017 mendapatkan bahwa pengguna aktif pada media sosial di Indonesia menggunakan YouTube sebanyak 49% sebagai platform media sosial yang paling banyak digunakan.Untuk tahu lebih lanjut, berikut ada lima platform media sosial yang paling banyak diminati para pelaku bisnis dan bisa untuk mempromosikan produk maupun mem-branding ulang produk.

  1. YouTube

Tahukah Anda bahwa orang-orang menghabiskan waktu untuk menonton video di YouTube dalam sebulan sebanyak 6 miliar jam dan memiliki 1 miliar pengguna aktif?

Kepopuleran YouTube untuk saat ini susah dikalahkan oleh media sosial lainnya karena fasilitas keterbukaan video yang diberikan tanpa batas membuat orang-orang juga puas menggunakan YouTube .

Public figure, stasiun televisi, perusahaan produsen film maupun musik, dan perusahaan lainnya juga menggunakan YouTube sebagai tempat untuk melakukan promosi pada produk atau jasa mereka.

Tentunya ini merupakan peluang yang tepat bagi Anda para pelaku bisnis untuk memulai mempromosikan maupun melakukan branding terhadap produk Anda di YouTube.

  1. Facebook

Bagaimana dengan Facebook? Masih menurut sumber yang sama, terdapat sebanyak 106 juta pengguna aktif setiap bulannya di Indonesia. Sementara terdapat 41% pengguna aktif setiap harinya. Facebook juga menjadi social media platform teraktif kedua setelah YouTube dengan jumlah 48%.

Bagi Anda para pelaku bisnis bisa memanfaatkan Facebook fanspage untuk sarana promosi juga branding perusahaan Anda. Selain Facebook fanspage Anda juga bisa memasang iklan berbayar di Facebook Ads untuk menjangkau target audiens Anda, sesuai dengan demografi dan kriteria umum yang diinginkan tentunya.

Hal ini tentu dikarenakan Facebook merupakan platform media sosial nomor 2 terbanyak digunakan oleh mayarakat Indonesia, menjadi kesempatan emas juga bagi para pelaku bisnis untuk mempromosikan produk lewat Facebook Ads.  

BACA JUGA: Social Media Marketing: 5 Hal Persiapan Sebelum Membuat Facebook Ads

  1. Instagram

Media sosial yang satu ini lagi digandrungi oleh anak muda maupun yang dewasa, apalagi Instagram (IG) didapuk menjadi media sosial nomor 3 yang memiliki banyak pengguna aktifnya.

Fitur yang beragam disajikan oleh IG membuat populasi pengguna IG kian meningkat. Hal ini cocok bagi Anda yang ingin memasarkan produk atau beriklan karena IG memiliki Instagram Ads dan menjadi sarana Anda untuk mengiklankan produk Anda yang tepat dan mudah menjangkau target audiens.

Selain instagram Ads, Anda juga bisa melakukan promosi atau beriklan melalui akun “selebgram” baik itu paid promote maupun open endorse yang tentunya juga akan menaikkan penjualan Anda nantinya.

  1. Twitter

Walaupun orang-orang sudah berbondong-bondong meninggalkan Twitter untuk media sosial lain yang memiliki fitur lebih, fakta menyatakan bahwa sebanyak 38% pengguna aktif di Indonesia masih menggunakan Twitter sebagai media sosial sehari-harinya.

Fakta tersebut tentu merupakan hal yang pastinya berbeda diluar ekspektasi kita, hanya dengan muat 140 kata, Twitter memiliki  Twitter ads untuk bisa mengiklankan produk Anda dan tentunya dengan biaya yang terjangkau. Socal media Twitter juga bisa dimanfaatkan untuk brand awereness melalui konten yang menarik.

  1. Google+

Ada hal unik dari urutan kelima terbaik platform media sosial yang bisa digunakan untuk promosi, yaitu Google+.

Uniknya, sebanyak 36% pengguna aktif menggunakan Google+ sebagai platform media sosial.

Masih dengan fitur yang sama dengan Twitter atau Facebook serta kesadaran market yang aware terhadap media sosial dari Google ini, membuat Anda pantas untuk membuka lapak atau ajang promosi di Google+.

Kelima platform di atas bisa digunakan untuk Anda para pebisnis yang ingin kembali mempromosikan maupun mem-branding ulang bisnis Anda di ranah media sosial.

In this article

Join the Conversation