Bagaimana Mengembangkan Search Engine Marketing di Web Travel?

Web Travel Anda belum ber-benefit? Pernah coba search engine marketing? Di balik musibah, selalu ada hikmah. Pernyataan tersebut cocok disematkan ke bisnis travel tanah air. Sebut saja wisata...

95 0
95 0
Cara Mengembangkan Search Engine Marketing

Web Travel Anda belum ber-benefit? Pernah coba search engine marketing?

Di balik musibah, selalu ada hikmah. Pernyataan tersebut cocok disematkan ke bisnis travel tanah air. Sebut saja wisata Letusan Gunung Kelud dan Wisata Lumpur Lapindo. Semula, dua kejadian itu sangat memilukan warga sekitar. Selang beberapa tahun, keduanya menjadi destinasi wisata. 

Setidaknya, ilustrasi seperti demikian tersirat dalam artikel tempo.co berjudul Begini Cara Pemkab Kediri Mengelola Wisata Gunung Kelud dan KKP Kelola Pulau Lumpur Lapindo Menjadi Destinasi Wisata”.

Pun bisnis travel semakin gembur” setelah kemunculan fenomena Halal Tourism”. Annisa Bella dalam situs marketeers.com menuliskan bahwa peluang bisnis Halal Tourism sangat potensial di Indonesia, terlebih Indonesia adalah negara muslim terbesar. Belum lagi kalau bicara statistik. 

Pertumbuhan wisatawan yang datang ke Indonesia meningkat drastis dari tahun 2003 hingga 2012. Tercatat, jumlah visit tourism pada tahun 2003 hanya 4,5 juta. Namun, pada tahun 2012 jumlahnya meningkat 2 kali lipat, yaitu 8 juta wisatawan.  

Lahan basah ini pun segera diolah oleh banyak pihak. Namun, kenapa banyak Web Travel belum menghasilkan pundi-pundi keuntungan hingga saat ini? 

Salah satu penyebabnya karena Anda kurang optimal mengembangkan search engine marketing. Percuma Anda membuat layanan dan paket wisata murah dan memorable, tetapi wisatawan tidak tahu kalau Web Travel Anda itu ada. 

Berikut ini preview bagaimana mempromosikan web travel dengan strategi digital marketing dan mengoptimalkannya dengan search engine marketing supaya masuk deretan pertama di halaman depan Google. 

 

All About Keywords

Search engine marketing merupakan paid advertisements yang paling sering digunakan untuk mengangkat halaman web travel ke posisi teratas di halaman pertama pencarian Google. Traveloka, PegiPegi, Agoda, AirAsia, dan berbagai bisnis di bidang travel pun menggunakannya.

Karena sifatnya berbayar, beberapa hal mengenai search engine marketing harus Anda ketahui. Salah satunya mengenai pemilihan keyword target. 

Keyword merupakan elemen terpenting di search engine marketing. Oleh sebab itu, Anda harus melakukan research secara komprehensif untuk menentukannya. Yang pasti, keyword yang Anda pilih harus relevan dengan bisnis travel. Untuk mempermudah, Anda bisa menggunakan beberapa tools, seperti:

Cara penggunaannya pun sangat mudah. Misal, Anda memilih KwFinder, cukup masukkan referensi keyword yang Anda ingin target, pilih negara, bahasa, lalu klik find keywords, maka Anda akan menemui ini (sebelumnya Anda harus mendaftar dulu supaya mendapat akses 3x analisis keyword/hari):

Source: https://app.kwfinder.com/dashboard?keyword=paket+wisata+murah&language_id=1025&location_id=2360&source_id=0

 

Struktur keyword dan akun

Selesai berburu keyword yang relevan sesuai bisnis travel, Anda pun harus memperhatikan mengenai keyword dan account structure. Pada praktiknya, efektivitas search engine marketing sangat tergantung dengan dua hal ini. 

Keyword dan account group structure akan meningkatkan click-through rates paid advertisement Anda. Apabila Anda memilih paid advertisement di AdWords dan Bing Ads, maka struktur keyword dan account group Anda idealnya begini:

Source: http://www.wordstream.com/search-engine-marketing

 

Berdasar ilustrasi di atas, maka susunan elemen secara berurutan yaitu:

  • Ad campaigns
  • Ad groups
  • Keywords
  • Ad text
  • Landing pages

Misal pada bisnis travel. Di Ad Campaign pertama Anda menempatkan iklan mengenai Paket Liburan Seru Di Musim Hujan”. Pada Ad Campaign kedua, Anda bisa mempromosikan paket wisata murah ke Jepang. 

Selanjutnya pada bagian Ad Group. Pada bagian ini, tempatkan promosi service travel yang relevan dengan Ad Campaign. Contohnya, Wisata Indoor di Bali. 

Pada proses penyusunan struktur ini, tempatkan keywords yang relevan secara berurutan dari yang bersifat general hingga paling spesifik. 

In this article

Join the Conversation