Kisah Sukses Digital Marketer

Tertarik berkarir di bidang digital marketing?  Laporan dari content marketplace, GetCraft, ini akan membuat senyum Anda melebar. Di dalam laporan tersebut disebutkan bahwa demi memperoleh efektivitas digital marketing,...

811 0
811 0

Tertarik berkarir di bidang digital marketing

Laporan dari content marketplace, GetCraft, ini akan membuat senyum Anda melebar. Di dalam laporan tersebut disebutkan bahwa demi memperoleh efektivitas digital marketing, para pengiklan pada tahun 2016 rata-rata merogoh uang sebesar Rp1,9 miliar per tahun. Angka tersebut berpotensi meningkat mengingat persentase penetrasi pengguna internet di Indonesia dalam setahun mencapai 50%. 

Potensi mengenai pasar digital marketing Indonesia dibedah pula oleh Tirto.id. Pada artikel berjudul Potensi Pasar Digital Indonesia” yang diterbitkan pada 02 Agustus 2016, Tirto.id mengungkapkan bahwa jumlah pembeli online Indonesia tahun 2014 sebanyak 4,6 juta, tahun 2015 meningkat 5,9 juta, sedangkan tahun 2016 melejit ke angka 8,7 juta. 

Dari tahun ke tahun, kuantitas pembeli online semakin meningkat. Melihat kondisi seperti demikian, para pelaku bisnis offline atau online pun tidak akan tinggal diam. Akibatnya, permintaan service digital marketing pun meningkat. Menurut brightstars.co.id, peningkatan tersebut membuat pertumbuhan digital marketer meningkat.

Terkait dengan hal tersebut, berikut preview kisah sukses digital marketer dunia disertai strategi digital marketing otentik yang mereka praktikkan:

Peep Laja, ConversionXL dotcom

Berpengalaman lebih dari 10 tahun di bidang digital marketing strategy, Peep Laja dikenal sebagai digital marketing expert di Eropa, Middle East, dan US. 

Karir digital marketing Peep bermula dari blog personal. Berkat kualitas konten dan teknik digital marketing strategy yang efektif, ConversionXL mampu menarik 100,000 unique visitor dalam sebulan. Saat artikel ini ditulis, situs ConversionXL sudah bermetamorfosa sebagai digital marketing agency dengan berbagai service di dalamnya.

Teknik utama yang dipakai oleh Peep yaitu kualitas konten. 

Pertama kali merintis ConversionXL, ia merasa ragu. Penyebabnya dikarenakan digital marketer idola Peep, yaitu Seth Godin, mampu sukses hanya dengan 200 kata. 

Pada akhirnya, Peep pun sadar. Dia bukanlah Seth Godin dan setiap orang tidak harus menjadi Seth Godin. Peep pun memberanikan diri untuk memproduksi konten (artikel) dengan disertai research mendalam. Artikel Peep pun dilengkapi image sebagai penjelas tambahan. Dan, ide Peep pun ternyata direspon market secara positif.

Peep pun tidak lupa untuk mengoptimalisasi sosial media sebagai sumber trafik blog. Berdasar pengalamannya, dari media sosial, ConversationXL memperoleh 15 ribu kunjungan, 6 bulan kemudian sebanyak 22 ribu, dan tumbuh menjadi 90 ribu pengunjung dalam 10 bulan berikutnya.

Ryan Lee, Ryan Lee

Ia disebut perintis internet marketing” saat internet sendiri belum lahir. Ryan Lee biasa dipanggil Ryan, merupakan seorang miliarder, coach digital marketing strategy sukses, dan menjadi salah satu internet marketer terbaik di dunia. 

Merintis bisnis digital marketing sejak 1998, Ryan Lee mampu mengais $60,000 dalam setahun. Sayangnya, saat terjadi dot-com bubble, digital marketing agency miliknya tumbang. 

Ryan tak lantas termenung akibat musibah itu. Ia bangkit dan memulai bisnis barunya, situs membership dengan topik fitness training. Berkat kepiawaiannya dalam dunia digital marketing strategy, Ryan tidak butuh waktu lama untuk sukses. Ia menghasilkan $5k to $10k untuk setiap produk fitness yang ia pajang di situs miliknya. 

Saat artikel ini diproduksi, Ryan telah mengumpulkan $100,000. 

Lisa and Jason, 100 days of real food dotcom

Hidup sehat adalah dambaan semua orang. Lisa dan Jason sadar dengan kebutuhan manusia akan kesehatan. Setidaknya, mereka sadar akan hal tersebut setelah melihat acara Oprah tentang Bagaimana perlakukan pebisnis Amerika kepada makanan”. 

Setelah itu, mereka pun memutuskan untuk bertahan hidup hanya dengan memakan organic food selama 100 hari dan mempublikasikannya di blog. Hasilnya? Blog Lisa dan Jason sepi pengunjung. Namun, setahun selanjutnya blognya diulas oleh majalah lokal. Dampaknya, jutaan visitor pun menghampiri blognya. 

Sejak saat itu. Lisa dan Jason pun sering diundang di berbagai acara, seperti Dr. Oz, Good Morning America, CNN dan The Doctors TV Show. Mulai dari situ, kehidupan pasangan ini benar-benar berubah. 

Kini, Lisan dan Jason dikenal sebagai internet marketer dengan teknik pemilihan konten yang tepat”. Selain itu, mereka pun mampu mengemas konten yang informatif dan mudah dicerna oleh visitor. 

In this article

Join the Conversation