Search Engine Marketing dan Manfaatnya untuk Bisnis Digital

Seberapa penting  search engine marketing bagi bisnis digital? Bermula dari Google. Ia merupakan sumber trafik terbesar di market online. Menurut situs jeffbullas.com, trafik dari Google bernilai 300% dibanding...

550 0
550 0
Search Engine Marketing dan Manfaatnya untuk Bisnis Digital

Seberapa penting  search engine marketing bagi bisnis digital?

Bermula dari Google. Ia merupakan sumber trafik terbesar di market online. Menurut situs jeffbullas.com, trafik dari Google bernilai 300% dibanding trafik dari media sosial. 

Artinya, bisnis online Anda berpotensi mencapai titik pertumbuhan positif apabila mampu memanfaatkan keberadaan Google. 

Terkait hal ini, beberapa pebisnis online berasumsi bahwa konten berkualitas dan bernilai SEO tinggi sudah cukup untuk meledakkan” trafik situs. Ternyata, tidak semudah itu. Supaya sebuah situs mampu berada di puncak halaman pertama Google, beberapa strategi digital marketing harus dipraktikkan, seperti:

  • Membuat konten berkualitas
  • Menemukan broken link
  • Memonitor backlink kompetitor
  • Mencipta konten infografis yang informatif dan mudah dipahami
  • Berinteraksi dengan konsumen
  • Mengirim guest posting ke situs berpengaruh
  • dan masih banyak yang lainnya. 

Total, ada 10 strategi search engine marketing untuk mendongkrak sebuah situs dari halaman paling bawah Google. Seumpama, situs berhasil masuk di halaman teratas dan pertama Google, apa untungnya? 

Berikut ini, gambaran apa manfaat search engine marketing bagi pelaku bisnis digital:

Mencapai Target Pemasaran

Penggunaan search engine marketing akan membuat Anda lebih fokus pada target pemasaran. Mengenai target pemasaran, Anda akan lebih spesifik dan relevan sesuai website atau produk. Dampaknya, Anda akan menerima kualitas trafik yang lebih bagus. 

Selain itu, potensi pengunjung yang closing pun akan besar. Itu artinya, margin keuntungan Anda akan lebih besar dibanding sebelum memakai search engine marketing. 

Menjangkau Lebih Banyak Konsumen

Theverge.com mengungkap, pengguna Android di seluruh dunia mencapai 2 miliar dalam sebulan. Anda tentu bertanya-tanya, apa hubungannya search engine marketing dengan Android?

Jawabannya, mereka sama-sama lahir dari ibu bernama Google”. Meski induk semua produk Google beralih nama menjadi Alphabet, hal tersebut tidak banyak berpengaruh bagi search engine marketing.

Artikel berjudul SEO and Google Cache Do You Know The Importance of This?” mengungkapkan dengan jelas apa hubungan antara search engine marketing dan pengguna Android. Singkat cerita, seluruh berkas aktivitas Anda di Android akan dijadikan oleh Google sebagai reverensi iklan.

Tidak heran, terkadang Anda menemukan iklan yang ngena banget”.

Nah, di situlah peran alasana kenapa Anda harus segera beralih ke search engine marketing. Semakin cepat Anda berlaih ke optimalisasi teknik search engine marketing, semakin besar peluang Anda mencapai kesuksesan.

Kemudahan Mengontrol Alokasi Biaya

Search engine marketing merupakan sebuah opsi digital marketing dengan biaya lumayan menipiskan kantong. Setidaknya, Anda harus mampu menebus beberapa biaya, seperti perburuan keyword dan pemilihan jenis iklan sesuai service atau produk Anda. 

Saat pertama Anda mengenal search engine marketing, timeline mengenai kedua hal tadi wajib Anda buat. Tujuannya, alokasi dana sesuai kebutuhan dan hasil dari optimalisasi search engine marketing pun sesuai ekspektasi.

Apabila Anda masih terlalu awam soal optimalisasi search engine marketing, ada baiknya Anda menyewa service digital marketing agency. Hasil yang Anda peroleh akan terjamin. Minimal, pilihlah digital agency yang:

  • Mampu mempromosikan bisnis Anda ke calon pelanggan secara akurat dan efektif
  • Mendapatkan calon pelanggan yang lebih banyak
  • Membantu Anda untuk menjual produk Anda secara online
  • Meningkatkan panggilan telepon

Mendapatkan Pengunjung yang Relevan

Keunggulan selanjutnya dari search engine marketing yaitu soal pengunjung yang relevan. Percuma situs Anda kebanjiran pengunjung, tetapi tidak relevan dengan service atau produk Anda.

Produk Anda akan tetap duduk” di tempat.

Proses digital marketing harus dijalankan secara teliti. Penentuan target market akan berpengaruh pada pemilihan keyword dan jenis iklan. Saat proses tersebut terpenggal”, maka persentase keberhasilan akan semakin mengecil. 

In this article

Join the Conversation