Kumpulan Digital Marketing Tools untuk Startup Bisnis

Sebelumnya, silakan menyimak artikel sebelumnya berjudul: Menyibak Pola Digital Marketing Strategy untuk Bisnis Online Ala Xiaomi. Disamping memiliki produk berinovasi, katakan seperti Xiaomi kemarin, sebuah startup dituntut mampu...

81 0
81 0

Sebelumnya, silakan menyimak artikel sebelumnya berjudul: Menyibak Pola Digital Marketing Strategy untuk Bisnis Online Ala Xiaomi.

Disamping memiliki produk berinovasi, katakan seperti Xiaomi kemarin, sebuah startup dituntut mampu memasarkan produknya secara efektif. Melalui efektivitas strategi digital marketing, startup dimungkinkan mengalami pertumbuhan yang signifikan. Indikator efektivitas digital marketing diantaranya:

  • Statistik penjualan,
  • Jangkauan (reach) di media sosial,
  • Engagement di media sosial,
  • Impression di media,
  • Penyebutan merek (brand mention),
  • Peringkat keyword,
  • Jumlah share,
  • Traffic di web,
  • Jumlah backlink, dan
  • Lead generation.

Beberapa poin di atas tak berpengaruh terhadap penjualan secara langsung. Namun, imbas dari hal tersebut akan signifikan di masa mendatang. 

Tujuan dari aktivitas ini supaya startup memahami apakah pesan atau post mengenai produk diterima dengan baik atau tidak oleh market. Apabila tidak, content marketing butuh polesan ulang. Selain itu, seluruh kegiatan analisis pemasaran produk ini akan memberi gambaran bagi startup mengenai para calon pengguna merek, produk, atau layanan.

Ketidaktahuan mengenai persentase engagement konsumen terhadap produk atau service akan membuat startup berjalan ke lubang” kegagalan. 

Sebuah produk atau jasa dibuat untuk dipakai oleh konsumen. Sehingga, monitoring kegiatan digital marketing harus saling terintegrasi dan realtime. Sayangnya, tim startup di awal berdiri tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan itu. Mereka sibuk” membenahi dan/atau mengembangkan produknya sehingga soal digital marketing ini sering terlalaikan.

Demi memenuhi kebutuhan tersebut, startup sudah selayaknya memakai beberapa digital marketing tools. Alat ini akan membantu kegiatan pemasaran digital startup. Misalnya saja.

 

Digital Marketing Tools: Tools Review Sesuai Market

Digital marketing tools yang bisa digunakan via valamarketing

Kesesuaian antara kebutuhan market dan produk Anda harus tetap terjaga. Setidaknya, Anda harus tahu setiap variasi kebutuhan dari konsumen. Poin ini akan berguna pula bagi developer untuk mengembangkan produk. Oleh sebab itu, Anda dituntut melek” terhadap berita atau bahkan kabar terbaru di niche startup Anda.

Beberapa digital marketing tools seperti…

… cocok digunakan saat kondisi Anda dan tim sama-sama sibuk sedang men-develope produk.  

Otomatisasi Social Media Update

Otomatisasi social media update via hootsuite

Kegiatan digital marketing tidak boleh berjalan tanpa konsistensi, khususnya aktivitas interaksi dengan konsumen. Risikonya, market akan melupakan produk Anda. Oleh sebab itu, cobalah memakai:

Keduanya memiliki fitur post schedule sehingga Anda bisa mengatur kapan momen terbaik untuk terhubung dengan konsumen. Meski sudah memegang digital marketing tools tersebut, Anda tetap harus meluangkan waktu merespons setiap petanyaan atau pernyataan dari konsumen. 

Menemukan Influencer Channel Market

Menemukan influencer untuk digital marketing strategy via postcontrolmarketing

Kegagalan sebuah startup diakibatkan oleh berbagai faktor. Menurut Nadine Freischlad, salah satu faktor paling berperan yaitu persaingan market yang ketat. Sebuah startup harus cepat menguasi” market lebih dulu dibanding para kompetitornya. Semakin tepat dan cepat mereka merangkul” market, semakin besar peluang mereka untuk tubuh. 

Cara instan untuk mendapat simpati dari market yaitu melalui influencer di market Anda. Cara seperti demikian terbukti efektif untuk mengayomi” konsumen secara instan. Meski harus sedikit membakar” uang, apa yang Anda dapatkan cukup seimbang. Pakailah:

Digital marketing tools di atas memiliki fitur statistik dimana Anda bisa memantau siapa dan seperti apa” influencer tersebut terhubung dengan market. Proses penentuan sosok influencer yang akan Anda hire pun harus diriset terlebih dulu. Jangan sampai Anda sudah mengeluarkan dana, tetapi hasil tidak sesuai ekspektasi.

In this article

Join the Conversation