5 Cara Mudah Memulai Bisnis dengan Digital Marketing Strategy

Mengoptimalkan strategi digital marketing pada bisnis saat ini perlu diperhitungkan. Memiliki bisnis saat ini bukan hanya memasarkan melalui mulut ke mulut, tetapi mampu mengembangkan bisnis Anda ke ranah...

213 0
213 0

Mengoptimalkan strategi digital marketing pada bisnis saat ini perlu diperhitungkan. Memiliki bisnis saat ini bukan hanya memasarkan melalui mulut ke mulut, tetapi mampu mengembangkan bisnis Anda ke ranah online dan tentunya memudahkan Anda menemukan pelanggan baru yang lebih potensial.

Perilaku Pengguna Internet Indonesia via slideshare: arifadyl1

Survey terakhir dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada 2016, menyebutkan terdapat 98,6% dari pengguna internet di Indonesia mengetahui internet sebagai tempat jual beli barang dan jasa. Sementara 63,5% atau 84,2 juta pengguna internet pernah melakukan transaksi online. Hal ini tentu akan terus bertambah seiring dengan penggunaan internet di Indonesia yang semakin meningkat.

Jika tidak memulai menyusun strategi untuk melakukan digital marketing pada bisnis dari sekarang, bisa jadi Anda akan semakin tertinggal dari para kompetitor yang sudah terlebih dahulu menjalankan digital marketing strategy. Berikut lima strategi digital marketing yang dapat diterapkan oleh setiap pemilik bisnis agar mampu membuat bisnisnya lebih berkembang.

1. Menetapkan Tujuan dan Target Sasaran

Untuk memulai bisnis memasuki ranah digital, maka Anda harus memiliki tujuan yang jelas seperti ingin menambah pelanggan baru atau ingin lebih maju daripada kompetitor. Buat target audience yang tepat dengan mengategorikan umur, gender, lokasi, dan interest mereka. Misalnya, jika Anda membuka bisnis make up maka target sasarannya adalah wanita berumur 15 tahun ke atas. Memiliki target sasaran dan tujuan yang tepat dapat membantu Anda mengetahui apa yang perlu Anda pusatkan.

2. Menentukan Strategi Pemasaran Produk

Setelah target dan tujuan rampung, maka dilanjutkan dengan menyusun strategi. Salah satu konsep strategi pemasaran adalah AIDA (Awareness, Interest, Desire, and Action). Konsep AIDA pada penggunaan digital marketing berguna untuk menciptakan strategi pemasaran yang menarik, mulai dari cara menarik perhatian publik, mendorong minat, membuat mereka ingin, dan menciptakan suatu tindakan.

Misalnya Anda memiliki bisnis makeup dan ingin dijual lewat website. Hal pertama dan cukup penting adalah bagaimana website tersebut mampu menarik perhatian buyers pada produk yang dijual. Setelah tertarik maka tugas Anda sebagai penjual adalah membeli produk yang Anda tawarkan dan akan terjadinya suatu tindakan oleh buyers dengan membeli produk Anda.

3. Mempergunakan SEO untuk Menjadi Pencarian Teratas

Setelah strategi tersusun, maka langkah besar selanjutnya Anda dapat membuat website menggunakan optimalisasi SEO (Search Engine Optimization). SEO berguna untuk menaikkan traffic website Anda mundul di halaman satu dengan bantuan SEO on page dan SEO off page. Strategi SEO bekerja dimulai dari risek kata kunci, menggunakan title tag, title description, content marketing, dan membangun backlinks.

Saat ini hingga jutaan orang menggunakan website untuk berbagai keperluan dalam mencari layanan dan produk yang diinginkan. Persaingan yang ketat membuat Anda harus memberikan effort besar bagi bisnis Anda sendiri.

Itulah mengapa SEO diperlukan bagi bisnis Anda agar menjadi pencarian teratas di Search Engine Result Page. Mengapa website penting di halaman pertama? Selain website akan mudah ditemukan oleh audience tertarget, strategi SEO akan meningkatkan kredibilitas dan brand awarness Anda.

4. Menyusun Konten dan Gunakan Keyword yang Tepat

Langkah selanjutnya menyusun konten untuk isi dari website dan platform media sosial. Konten yang akan dimasukkan ke kolom website berupa tulisan mengenai produk yang Anda jual. Jika Anda menjual make up maka konten yang ada di website berupa deskripsi produk, cara penggunaan, review produk, dan lainnya. Selain menggunakan SEO, konten juga bisa menjadi acuan website Anda menjadi pencarian teratas dengan menggunakan Keyword yang tepat.

Keyword yang menarik adalah keyword yang paling banyak dicari. Anda bisa meriset kata kunci lewat situs tracking keywords, seperti Google Keyword Planner dan Keywordtool.io.

5. Perluas Jaringan Anda Melalui Media Sosial

Media sosial kini juga menjadi referensi kedua terbesar setelah website untuk mencari produk-produk yang diinginkan para buyers. Indonesia merupakan pengguna aktif media sosial, maka tidak heran jika penjualan banyak dihasilkan melalui media sosial.

Social media terbesar di Indonesia via isahkambali.com

Hootsuite dan We are Social menyebutkan jika YouTube, Facebook, dan Instagram adalah tiga teratas pemakaian media sosial di Indonesia pada Q3 & Q4 2016.

Meskipun YouTube, Facebook, dan Instagram adalah social media terbesar di Indonesia, bukan berarti Anda harus menggunakan semua channel tersebut pada bisnis. Semua kembali lagi pada kebutuhan, brand yang dijual, serta target konsumen Anda untuk menentukan platform yang tepat.

Memulai bisnis dengan digital marketing kini sudah sangat mudah, akan tetapi tetap menjunjung tinggi kepuasan konsumen terhadap pelayanan yang Anda berikan dan tetap melakukan promosi walaupun sudah memiliki reputasi yang baik, agar terus dapat menarik keinginan pelanggan untuk tetap berbelanja produk Anda.

In this article

Join the Conversation