Menyibak Digital Marketing Strategy untuk Bisnis Online Ala Xiaomi

Digital marketing akan mampu mendongkrak persentase penjualan hingga 100%. Salah satu bukti penerapan digital marketing strategy terlihat pada produsen ponsel pintar asal Tiongkok, Xiaomi. Produsen Xiaomi ini berhasil...

88 0
88 0

Digital marketing akan mampu mendongkrak persentase penjualan hingga 100%. Salah satu bukti penerapan digital marketing strategy terlihat pada produsen ponsel pintar asal Tiongkok, Xiaomi.

Produsen Xiaomi ini berhasil mengubah bisnis offline (produsen smartphone) menjadi sebuah perusahaan e-commerce dengan strategi bisnis online di dalamnya.

Di tahun 2014, nama Xiaomi meledak”.  Pun di tahun yang sama Xiaomi memperoleh pendapat Rp149,8 triliun. Angka ini naik 135 persen dari pendapatan di tahun 2013. Begitu pula di tahun 2016, pendapat Xiaomi di India berjumlah Rp13 triliun.

Jumlah unit ponsel pintar yang terjual pun mencapai angka 61 juta unit ponsel pada tahun 2014. Lagi-lagi, jumlah tersebut melonjak 227 persen dari tahun sebelumnya. 

Menurut situs marketmechina.com, kondisi tersebut merupakan akibat efektifnya digital marketing strategy pihak Xiaomi sendiri. Pihak techinasia.com mengamini hal tersebut. Guna memecahkan fenomena Xiaomi tersebut, Steven Millward yang merupakan salah satu kontributor situs Techinasia mengupas strategi digital marketing Xiaomi.

Lalu, bagaimana menerapkan digital marketing strategy seperti Xiaomi tersebut? 

Setidaknya, Anda harus memahami sekaligus menerapkan 4 tahapan digital marketing strategy di bisnis online. Mulai dari penentuan tujuan, pemilihan media online, pembuatan rencana, dan tahap eksekusi. 

Penentuan tujuan

Awali dengan penentuan tujuan. Melalui digital strategy, apa yang ingin Anda dapatkan? Merunut Xiaomi, digital marketing strategy digunakan untuk meningkatkan brand awareness. Selain itu, mereka pun memakainya untuk menjual produk. 

Sekali lagi, apa tujuan pemakaian digital marketing kali ini? 

Apabila Anda masih kebingungan, pilih salah satu antara:

  • menjangkau target audience.
  • promosi.
  • membangun koneksi.
  • meningkatkan brand awareness.

Mana yang sesuai dengan kebutuhan bisnis online Anda saat ini?

 

Pemilihan Channel Media Online

Selanjutnya, tentukan media online mana yang tepat bagi bisnis online Anda. Yang patut Anda ingat, setiap media online memiliki karakteristiknya masing-masing. Coba lihat ilustrasi di bawah ini.

Karakteristik media sosial (via smbp.uwaterloo.ca)

Dari ilustrasi tersebut, misalnya Anda memilih Facebook. Melalui Facebook, Anda bisa berkomunikasi dengan komunitas sesuai target market. 

Anda pun diperbolehkan memilih Google. Google menyediakan layanan Google AdWords. Melalui layanan tersebut, Anda mampu menggapai calon konsumen yang lebih luas. 

 

Pembuatan Rencana

Selesai mengotak-atik tujuan dan pemilihan media, Anda berlanjut ke pembuatan rencana. Untuk memulainya, Anda perhatikan tabel seperti demikian:

Digital marketing planning (via smartinsights.com)

 

Ada pun langkah dalam pembuatan digital marketing strategy planning yaitu:

Pertama, orientasi pada masa depan. Uraikan secara jelas seperti apa ekspektasi terkait bisnis online Anda di masa depan.

Kedua, lakukan sedikit kegiatan catat-mencatat. Uraian detailnya seperti demikian: 

  • Tulis rencana digital marketing Anda. Proses ini bertujuan supaya Anda tahu bahwa bagian mana dari strategi digital marketing yang tidak sukses ketika dilaksanakan.
  • Kenali audience Anda. Mirip dengan penentuan konsumen persona di artikel sebelumnya, tahap ini mewajib Anda tahu target pasar. Di dalamnya, Anda harus mampu menjabarkan soal ketertarikan konsumen, apa yang konsumen bicarakan saat online. Bagian ini bertujuan supaya Anda tahu konten seperti apa yang sesuai untuk terhubung dengan konsumen.
  • Pilih media online dimana konsumen berkumpul. Silakan lakukan riset sederhana untuk mengetahui dimana lokasi target pasar Anda menghabiskan waktu online. Selanjutnya, usahakan Anda mampu menguasai media online tersebut lalui berbagai cara.
  • Buat jadwal. Satu-satunya faktor efektivitas digital marketing strategy pada bisnis online yaitu konsistensi, terutama dari sisi interaksi dengan konsumen. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda membuat jadwal kapan Anda mengunggah konten dan/atau terlibat interaksi dengan konsumen di setiap hari.
  • Kenali tool digital marketing. Supaya proses eksekusi tidak dijalankan secara manual dan cenderung melelahkan, cobalah untuk mengenal tool untuk memperingan tugas Anda.

Tahap Eksekusi

Khusus tahap ini akan dilanjut ke artikel berikutnya. Kenapa? Karena pembahasan soal bagian ini akan mengulik soal penggunaan tool digital marketing strategy. Stay tuned!

 

Image source: Pexels

In this article

Join the Conversation